11.2 C
New York
14/04/2024
Aktual

Tiga Balitbangda Jadi BPPD Utama

JAKARTA (Pos Sore) — Tiga Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BPPD) dipilih menjadi BPPD Utama. Ketiga BPPD ini dinilai memiliki perhatian tinggi pada Iptek

Penghargaan diserahkan Menteri Riset dan Teknologi (Menristek), Gusti Muhammad Hatta, kepada Badan Penelitian dan Pengembangan dan Inovasi (Balitbangprov) Sumatera Selatan, Balitbang Provinsi Jawa Tengah, dan Balitbang Riau.

“Penghargaan ini diberikan kepada BPPD yang telah menjalankan peran dan fungsinya dengan baik,” kata menristek, di gedung Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Rabu (26/2).

Gusti mengatakan, dengan adanya penghargaan ini, diharapkan dapat merangsang peningkatan peran BPPD dalam penguatan Sistem Inovasi Daerah (SIDa). Ke depan akan didorong pemberian insentif kepada daerah yang menaruh perhatian pada Iptek.

Terkait penghargaan itu, menteri menjelaskan, terdapat beberapa kriteria sehingga ditetapkan menjadi BPPD Utama. Di antaranya, daerah tersebut menaruh perhatian tinggi terhadap iptek, masuk ke dalam rencana pembangunan jangka menengah, dan komitmen pemerintah daerah.

Sumatera Selatan dipilih karena berhasil mengembangkan industri
hilir sawit di 10 Kabupaten. Jawa Tengah karena fokus pada pengembangan energi alternatif yakni biogas. Sementara itu, Riau mengembangkan mobil listrik, tanaman sorgum menjadi bioetanol, dan pengembangan turunan kelapa sawit. (tety)

Leave a Comment