27.8 C
New York
15/06/2024
Aktual

TB Tak Hanya Bersarang di Paru-paru

JAKARTA (Pos Sore) — Bakteri penyakit Tuberkulosis (TB), Mycobacterium tuberculosis, ternyata juga dapat bersarang di bagian tubuh lain. TB bisa mengenai mata, otak, tulang, kelenjar, jantung, liver, ginjal.

“Gejala tuberkulosis yang menyerang mata adalah terlihat pada penglihatan. Ada tuberkel di matanya. Bagian lain yang dapat terserang TB adalah organ kewanitaan, salah satu kasus yang pernah terjadi adalah sulit hamil,” kata internis pulmonologi FKUI, Dr. Zulkifli Amin, PhD, FCCP, pada Simposium Nasional Hari TB Sedunia 2014, di Jakarta, Sabtu (29/3).

Zulkifli mengatakan kuman TB bersarang pada tuba dan menyebabkannya tersumbat. Setelah diberi obat TB, tuba yang tersumbat kembali terbuka. Sakit pada sendi seperti lutut juga mungkin karena kuman TB.

TB yang menyerang organ lain selain paru, yaitu extra-pulmonary TB, terjadi tanpa gejala, namun penanganannya sama seperti pada TB lainnya. Pasien harus mengonsumsi obat selama berbulan-bulan. “Di luar paru, bisa sembilan bulan. Umumnya di atas enam bulan,” katanya. (tety)

Leave a Comment