20.3 C
New York
20/07/2024
Aktual Gaya Hidup

Susah Ngomong? Curahkan Saja Lewat Surat

Bagi sebagian orang, mengungkapkan curahan hati melalui surat, cara yang paling enak. Ya, tak semua orang mampu mengekspresikan perasaannya secara lisan. Dalam keluarga, komunikasi menjadi sangat penting demi terciptanya kehangatan di dalam rumah tangga. Nah, tak ada salahnya menggunakan surat sebagai jalur komunikasi.

Menurut psikolog anak dan keluarga, Anna Surti Ariani, meski surat tidak dapat menggantikan komunikasi lisan, namun anggota keluarga bisa lebih bebas mencurahkan isi hatinya yang mungkin sulit terucap. Berterus terang dengan mencurahkan perasaan terpendam bisa membuat perasaan lebih lega, seperti ungkapan terima kasih atau sayang yang terkadang sulit terucapkan secara lisan.

Surat yang kita kirimkan bisa saja menjadi pembuka obrolan yang mendalam. “Misalnya saja kita ingin komplen dengan suami, tulis saja surat kalau takut ngomong langsung. Nanti setelah pasangan membaca surat itu, baru masalahnya dibahas,” katanya dalam diskusi ‘Awali Kebersamaan Berkualitas dengan Surat’, di Jakarta, akhir pekan lalu.

Penelitian juga mengungkapkan, subyek yang diminta menulis surat cinta yang berisi ekspresi rasa sayang pada anggota keluarganya mengalami perbaikan respon terhadap stres, detak jantung lebih normal, tekanan darah turun, bahkan level kolesterol lebih rendah.

“Kedekatan psikologis dapat dicapai bila anggota keluarga sering mengomunikasikan perasaannya secara terbuka satu sama lain dalam cara yang positif. Ini memberi manfaat terhadap kesehatan yang lebih baik dan lebih berbahagia,” tambah Nina.

Untuk memberi semangat pada keluarga Indonesia untuk memiliki komunikasi yang lebih mendalam, SariWangi menggelar Kompetisi Berbagi Surat. Keluarga Indonesia diajak menuliskan surat yang berisi ungkapan perasaan sayang atau terima kasih terhadap anggota keluarga, bisa dari suami kepada istri atau sebaliknya, dari anak kepada orangtua, dan sebagainya.

Surat tersebut bisa dikirimkan ke PO BOX 8711 JKB Jakarta 11000 dan website www.mari-bicara.com. Sepuluh pemenang dengan surat paling unik dan inspiratif yang diumumkan pada Agustus 2014 akan mendapatkan hadiah liburan keluarga dan uang tunai.

“SariWangi mengajak keluarga Indonesia memanfaatkan surat sebagai salah satu medium mengungkapkan apresiasi atau perasaan sayang kepada anggota keluarga yang kemudian dapat digunakan untuk mengawali obrolan mendalam sehingga tercipta kebersamaan yang berkualitas,” kata Mario Abdisa, Senior Brand Manager SariWangi. (tety)

Leave a Comment