25 C
New York
20/06/2024
Aktual

SHLV Luncurkan Buku ‘Menyibak Seribu Wajah Multiple Sclerosis’

img-20161111-wa0015

TANGERANG (Pos Sore) — Siloam Hospitals Lippo Village (SHLV) meluncurkan buku berjudul ‘Menyibak Seribu Wajah Multiple Sclerosis’. Buku ini diluncurkan karena penyebab Multiple Sclerosis (MS) belum diketahui. Tidaklah heran, seluruh dunia masih melakukan penelitian untuk mencari penyebab pastinya.

“Multiple Sclerosis adalah suatu penyakit sistem saraf otak akibat kerusakan mielin, yaitu pelindung saraf yang berfungsi seperti pelindung pada abel listrik dan memudahkan saraf mengirimkan impulsnya dengan cepat,” terang Dr. dr. Yusak MT Soahaan, SpS, yang menjadi salah satu penulis buku tersebut, di Tangerang, Jumat (11/11).

Ia menambahkan, kerusakan pada mielin berakibat multi efek. Meski demikian, gejala tidak sama terhadap semua penderitanya. Itu sebabnya, sangat sulit mendeteksi dan menangani gangguan MS.

Sistem syaraf pusat adalah sistem saraf yang meliputi otak dan saraf tulang belakang. Penyakit ini terjadi ketika sistem kekebalan tubuh kita menyerang dan merusak, bahkan sampai menghancurkan mielin atau selubung saraf.

Rusaknya mielin berpengaruh pada terganggunya bahkan berhentinya sinyal-sinyal listrik dari otak. Hal ini menyebabkan perintah atau sinyal dari otak agar tubuh melakukan sesuatu tidak dapat dilakukan sebagaimana mestinya.

“Contohya jari-jari tangan tidak kuat untuk menggenggam, kakit tidak dapat melangkah, dan mata tidak dapat melihat dengan jelas, adalah gejala-gejala yang sering didapatkan pada penderita MS yang sangat mempengaruhi aktifitas sehari-hari,” urainya.

Penulis lain yang ikut menulis dalam buku ini, yaitu Theophilia Edwina Prasasti, yang mengalami MS sejak 2011. Karena mengalami sendiri, Winda, begitu ia kerap disapa, dengan mudah menuliskan apa yang dialaminya.

Ia menceritakan gejala yang dirasakan, kemudian didiagnosis sebagai pengidap MS. Meski ia mengidap MS, namun tidak menghalanginya untuk terus aktif dan berkarya.

Siloam Hospitals Lippo Village sendiri, tim spesialis syaraf telah menangani puluhan penderita MS dan angka ini cenderung meningkat. Namun, masyarakat masih sangat awam, bahkan tidak mengetahui apa itu MS dan bagaimana gejalanya.

“Dengan kepedulian ini, Siloam Hospitals Lippo Village berupaya menginformasikan kepada masyarakat bahwa MS itu ada di sekitar kita dan harus ditemukan sedini mungkin agar kondisi pasien tidak lebih buruk,” tandas dr. Jeffry Oeswadi, MARS, Wakil Chief Executive Officer SHLV.

Menurutnya, hingga saat ini masih banyak tenaga medis dan masyarakat belum mengenal dengan benar bagaimana gejala dini MS. Ketidaktahuan ini mengakibatkan lambatnya penanganan dan rumitnya proses penyembuhan.

Itu sebabnya, SHLV selain meluncurkan buku ‘Menyibak Seribu Wajah Multiple Sclerosis’ juga menyelenggarakan seminar medis terkait MS untuk kalangan dokter. Tujuannya, agar tenaga medis terpapar secara benar apa saja gejalanya dan bagimana tatalasana pasien dengan MS.

“Diharapkan dengan cara seperti itu semakin banyak yang mengetahui apa itu MS,” katanya. (tety)

Leave a Comment