4.6 C
New York
02/03/2024
Aktual

Semua Lulusan S1 Miliki Hak Jadi Guru

SOLO (Pos Sore) — Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Furqon Hidayatullah mengungkapkan, semua lulusan S1  memiliki hak untuk bisa menjadi guru. Hanya saja bagi sarjana non-kependidikan harus melalui matrikulasi dan serangkaian tes sebelum mengikuti Pendidikan Profesi Guru  (PPG).

“PPG termuat dalam Undang-Undang (UU) Nomor 14 tahun 2005, bahwa profesi guru harus dicapai melalui pendidikan profesi,” jelas Furqon di Kampus FKIP UNS, Kentingan,  Jebres, Solo, Kamis (6/3).

Dicontohkan, sarjana Pendidikan Biologi dan sarjana Biologi murni sama-sama memiliki hak untuk mendaftar sebagai guru. “Yang membedakan yakni sarjana Pendidikan  Biologi langsung PPG, sedangkan sarjana Biologi harus ada matrikulasi dan syarat-syarat lainnya,” jelasnya.

Kendati semua lulusan S1 memiliki hak yang sama untuk menjadi guru, namun lulusan S1 kependidikan (FKIP), menurut Furqon, tidak perlu khawatir dan merasa tersaingi.  Karena PPG hanya diselenggarakan oleh Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) yang terakreditasi dan ditunjuk oleh pemerintah pusat. (dra)

Leave a Comment