11.2 C
New York
14/04/2024
Aktual

Sekjen Kemnakertrans Berjanji Akan Benahi Sistem Kehumasan

JAKARTA (Pos Sore) — Sistem Kehumasan di Kemnakertrans dinilai oleh mitra kerja khususnya wartawan yang bertugas di kementerian itu bertentangan dengan ruh kerjasama yang sudah terbina selama ini.

Sekjen Kemnakertrans Abdul Wahab Bangkona yang belum lama ini dilantik Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI, Muhaimin Iskansar ketika berbincang-bincang dengan pengurus Forwarkertrans (Forum Wartawan Tenaga Kerja dan Transmigrasi) berjanji akan membenahinya segera. “Sayapun selama menjabat Dirjen Binalattas merasakan adanya kepincangan dalam sistem kehumasan kita. Apa yang ingin disebarluaskan tidak tampak setelah menjadi produk berita di media massa. Hal itu akan segera saya perbaiki,” tegasnya.

Dalam setiap kunjungan menteri ke daerah, lanjut Abdul Wahab, wartawan yang ditugaskan meliput sangat sedikit ketimbang staf Pusat Humas. “Hal ini sangat memprihatinkan padahal kami sangat berharap apa yang dilihat wartawan dalam kunjungan menteri itu bisa disosialisasikan kepada masyarakat, bukan hanya acara resmi saja yang diangkat menjadi berita.”

Selain itu, tambahnya, jika kita membaca secara teliti berita yang dimuat di berbagai media cetak selalu berulang-ulang sifatnya sesuai dengan hajat dari unit teknis yang melakukannya. “Masih banyak informasi yang harus disebarluaskan tetapi hal itu jarang ditemukan.”

Menjawab hal tersebut, Ketua Forwarkertrans, Edi Hardum mengatakan, sistem yang digunakan Pusat Humas Kemnakertrans selama ini adalah dengan pengiriman press release ke email setiap wartawan, jadi para kuli tinta hanya disuguhi apa yang menjadi keinginan Pusat Humas dalam pemberitaan tersebut. Pola itu jauh berbeda dengan Humas Kementerian lain yang selalu menerjunkan wartawan dalam jumlah yang banyak pada setiap kunjungan menterinya.

“Wartawan tidak bisa berkreasi dalam penulisan berita. Kalaupun mau, hal itu hanya bisa dilakukan dengan komunikasi langsung ke daerah atau menghubungi nara sumber di daerah,” kata Edi sembari menambahkan perlu adanya mutasi setingkat pejabat dan staf di Pusat Humas Kemnakertrans karena sudah mulai tampak kejenuhan pada diri setiap personil. (hasyim husein)

Leave a Comment