24.2 C
New York
25/07/2024
Aktual

Sehat Kala Tua, Dimulai Dari Masa Kehamilan

JAKARTA (Pos Sore) — Menteri Kesehatan, Nafsiah Mboi, mengatakan, kunci hidup sehat adalah mengonsumsi makanan bergizi dan banyak beraktivitas serta selalu berpikir positif agar tidak mudah stres.

“Semua penyakit bisa dicegah dengan makanan bergizi, banyak beraktivitas dan jangan stress,” kata Nafsiah Mboi usai membuka Seminar Solusi Hidup Sehat Bahagia dan Berguna di Usia Tua untuk Menuju Adiyuswa Sehat Aktif dan Produktif, di Jakarta, kemarin.

Nafsiah menandaskan, jika seseorang menjalani pola hidup sehat di masa muda, maka di masa lanjut usia nantinya akan tetap merasa bugar dan bisa menjadi adiyuswa atau lansia yang produktif.

“Tapi jika sejak muda sudah sakit-sakitan, tidak menjaga asupan gizi, tidak banyak bergerak dan selalu berpikiran negatif, maka jangan harap saat lansia nanti bisa tetap bugar,” kata perempuan berusia 73 tahun tersebut.

Ia menandaskan, untuk tetap sehat dan produktif di usia tua, juga tak lepas dari awal kehamilan. “Sehat itu dimulai dari kandungan hingga tutup usia. Itu satu rangkaian. Stroke, misalnya, harus diantisipasi dari usia muda, dengan tidak merokok. Penyakit-penyakit di usia tua kan sebab akibat,” tandas menkes yang murah senyum ini.

Menurutnya, intervensi sejak awal siklus kehidupan manusia, menjadi penting. Dimulai dari program 1000 hari pertama kehidupan, yaitu intervensi gizi yang memadai sejak dalam kandungan, saat bayi, balita, dan wajib belajar.

“Intervensi 1000 hari pertama penting karena penelitian menunjukkan balita yang kurang gizi kecenderungan menderita penyakit degeneratif di masa tua,” ujarnya.

Diharapkan, dengan begitu, saat lansia jadi lebih sehat. Anggota keluarga pun tidak terbebani. Jumlah lansia yang terus meningkat, akhirnya bukan lagi menjadi beban pemerintah, masyarakat, dan keluarga. (tety)

Leave a Comment