4.6 C
New York
02/03/2024
Aktual

Saham Malaysian Airlines (MAS) Anjlok 12%

KUALA LUMPUR (Pos Sore) — Saham Malaysian Airline System Bhd (MAS) mengalami penurunan terbesar sejak November 2012. Diketahui saham ini merosot 12% menjadi 22 sen dan menjadi penurunan saham ini terendah dalam catatan. Sementara itu, indeks saham acuan FTSE Bursa Malaysia turun 0,5%. Sedangkan Ringgit Malaysia melemah 0,5% terhadap dolar Amerika Serikat (AS).

Pesawat Malaysian Airlines MH 370 telah dinyatakan hilang kontak pada Sabtu 8 Maret 2014 pukul 02.40 waktu setempat. Pesawat ini menghilang dalam perjalanan dari Kuala Lumpur ke Beijing.

Tim pencari dari Vietnam mengatakan, pihaknya menemukan jendela atau pintu yang diduga fragmen. Komandan Penjaga Pantai Vietnam Le Van Minh mengatakan, fragmen didiuga menjadi bagian dari pintu darurat pesawat dan jendela.

Sebelumnya diberitakan kecelakaan pertama Malaysia Airlines dalam hampir 20 tahun. Pesawat Boeing 777 ini merupakan pesawat paling aman di dunia.

“Ini adalah pesawat terbaik yang pernah dibangun, dan punya track record yang sempurna setelah 20 tahun dan lebih dari 1.200 penerbangan. Biasanya pesawat ini digunakan untuk rute internasional, dan telah menetapkan standar baru untuk keamanan internasional,” jelas Richard Aboulafia, Vice President for Analyst Teal Group.

Sebelum kecelakaan terjadi pihak Boeing mengumumkan ada retakan di sayap dari jenis 42 Dreamliner dari 787 pesawat yang sedang dibangun. Menurut Boeing, masalahnya muncul dari pemasok yang berbasisi di Tokyo Mitsubishi Heavy Industries yang mengubah proses manufaktur.(fent/possore)

Leave a Comment