27.8 C
New York
15/06/2024
Gaya Hidup

Program 1000 Jamban PKPU Masuk Nominasi Indonesia MDG Awards 2013

JAKARTA (Pos Sore) — Program 1000 nJamban dari Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU yang dilakukan sejak 2012 di Desa Lengah Sari Kabupaten Bekasi, masuk nominasi 63 program unggulan ajang Indonesia MDG Awards (IMA) 2013, yang penghargaannya dihelat pada Sabtu (15/3) nanti.

Program 1000 Jamban bentuk program; pemberdayaan komunitas untuk membangun kesadaran dan kebutuhan akan hidup bersih dimulai dari unsur sanitasi.

Dalam pelaksanaannya, program ini melibatkan masyarakat sehingga terbangun partisipasi dan rasa kepemilikan masyarakat terhadap kebersihan lingkungan dan fasilitas jamban yang akan dibangun bersama.

“Tidak hanya sekedar menyediakan fasilitas jamban saja, namun juga membekali masyarakat dengan edukasi berkelanjutan selama 3 bulan,” kata Rini Aprilia Laison Officer External Relation PKPU, di Jakarta, Kamis (6/3).
 
Program berkelanjutan seperti ini diharapkan masyarakat benar-benar sadar akan arti kebersihan dan kesehatan lingkungan.

“Dengan tersedianya jamban di rumah dan lingkungan masyarakat yang berbentuk MCK (mandi, cuci, kakus), diharapkan kualitas kesehatan masyarakat dan lingkungannya pun meningkat,” tambahnya. (tety)

Leave a Comment