29.1 C
New York
20/06/2024
Aktual

Presiden Hadiri Puncak Acara Sail Raja Ampat 2014

JAKARTA (Pos Sore) — Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dipastikan menghadiri puncak acara Sail Raja Ampat 2014 pada 23 Agustus di Pantai Waisei Torang Cinta. Seperti penyelenggaraan sail-sail sebelumnya, tujuannya untuk mempercepat pembangunan daerah kepulauan dan daerah tertinggal.

“Selain itu, mengukuhkan kembali kejayaan bangsa Indonesia sebagai bangsa bahari yang hidup di negara kepulauan,” kata Menko Kesra, Agung Laksono, usai Rakor Kesra Persiapan Sail Raja Ampat 2014, di Kemenko Kesra, Rabu (2/7).

Hadir dalam kesempatan itu, Menteri Kesehatan, Nafsiah Mboi, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu, Menteri Kelautan dan Perikanan, Sharif Cicip Sutardjo, serta Menteri Perumahan Rakyat, Djan Faridz.

Dikatakan, Presiden RI akan mengisi sejumlah kegiatan antara lain peluncuran buku dan pemberian penghargaan, di antaranya Peluncuran Sampul Peringatan Sail Raja Ampat, Launching buku Ensiklopedia Pulau-pulau kecil, Launching buku Manikam Biru di Pagar Nusantara, dan pemberian penghargaan kepada pemenang Lomba Desain Batik Papua.

Presiden juga akan meresmikan proyek bangunan di Raja Ampat di antaranya Pantai Waisai, Pelabuhan Marinda, Kampus III Unipa, rumah pintar dan bangunan Lainnya. Ada juga atraksi Budaya Sendratani Papua Barat, atraksi terjun payung dan paramotor serta sailing pass kapal-kapal perang dan atraksi Heli Water Jump.

Menparekraf berharap dari kegiatan ini diharapkan terjadi peningkatan kunjungan wisatawan. Peningkatan ini harus didukung dengan infrastuktur yang akan membantu Pemda Raja Ampat dalam meningkatkan pelayanan terhadap wisatawan.

”Sebagai destinasi wisata internasional perlu didorong percepatan infrastrukturnya. Destinasi Sail Raja Ampat bukan berakhir pada puncak acara, tetapi berkelanjutan terus sebagai salah satu tempat favorit destinasi wisata.” (tety)

Leave a Comment