19.3 C
New York
24/05/2024
Aktual

Pemkot Bandung-AS Bentuk Forum Bisnis

BANDUNG (Pos Sore) — Pemerintah Kota Bandung dan Amerika Serikat sepakat membentuk forum bisnis. Hal itu disepakati saat Duta Besar AS Robert Blake menyambangi Walikota Bandung M. Ridwan Kamil, pekan lalu.

Dijelaskan Duta besar, tujuan pihaknya ke Bandung memang untuk menjajaki kerjasama pengusaha Amerika di Kota Bandung.

Disambut dengan pemberian ikat kepala khas sunda untuk Robert Blake, Walikota juga menyematkan pin kujang Wali Kota Bandung.

Hasil dari pertemuan tersebut, dibentuk forum bisnis antara Pemerintah Kota Bandung dan Amerika Serikat dalam upaya mempercepat investasi di Kota Bandung.

“Forum bisnis ini untuk mempercepat investasi di Kota Bandung terutama di Bandung Teknopolis.”

“Selama ini karena banyak perusahaan Amerika yang tersebar, sehingga kita tidak terlalu hapal mereka sedang mengerjakan apa,” jelas Ridwan Kamil.

Nantinya, lanjut dia, forum akan intensif membahas rencana investasi pengusaha dari Negeri Paman Sam itu. Akan ada pertemuan dua bulanan serta penyusunan masterplan untuk lima tahun.

“Dengan dibentuknya masterplan ini, akan dapat diketahui, mengerjakan apa, di sektor apanya akan menjadi jelas,” jelas Wali Kota Bandung.

Bentuk kerjasama nantinya akan difokuskan pada bidang informasi, komunikasi dan teknologi. Rencananya, di kawasan Gedebage akan dibangun Bandung teknopolis, yaitu wajah Bandung masa depan berbasis ICT (information, commuciation, technologies).

Selain investasi di bidang ICT, investor Amerika juga bisa melakukan investasi di Kota Bandung di bidang lainnya, seperti sektor pariwisata.

“Jumlah wisatawan yang datang ke Bandung ini, jumlahnya cukup besar, sekitar 6 jutan, dan jumlah ini kedua setelah Bali, sehingga kemungkinan investasi di bidang pariwisata cukup memungkinkan,” ujar Emil sapaan akrab Ridwan Kamil.

Pada kesempatan itu, Robert Blake mengatakan dirinya menyepakati dibentuknya forum bisnis untuk mempercepat investasi di Kota Bandung terutama di Bandung Teknopolis.

Terlebih, Bandung memiliki kesempatan yang menjanjikan, dimana di Kota Bandung terdapat perguruan tinggi seperti ITB, kemudian infrastruktur broadband, dan walikotanya yang bersemangat.

“Kita mendukung rencana Wali Kota Bandung untuk membentuk Bandung teknopolis yang berbasiskan ICT,” pungkasnya.(arie)

Leave a Comment