11.2 C
New York
14/04/2024
Aktual

SGS Indonesia-PKPU Tanam Mangrove dengan Teknik Guludan

JAKARTA (Pos Sore) — PT. SGS Indonesia dan Lembaga Kemanusiaan Nasional, PKPU, kembali berkomitmen untuk menanam 4000 bibit mangrove di kawasan Elang Laut, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara. Kegiatan yang berlangsung pada Sabtu (7/6) ini merupakan rangkaian dari kegiatan penanaman 10.000 bibit mangrove.

“Sebelumnya, telah dilakukan penanaman sebanyak 3000 bibit mangrove pada tahun 2012,” kata Sukismo, Humas PKPU dalam konferensi persnya, di Jakarta, Jumat (6/6).

Kegiatan itu tak lepas dari makin menurunnya luas hutan mangrove. Penyebabnya, pembangunan daerah pesisir, eksploitasi, dan perluasan pembangunan tambak.

“Daerah pesisir pantai sangat rentan terkena imbas dari global warming. Dampaknya cukup bervariasi, salah satu di antaranya, naiknya permukaan air laut yang dapat berakibat pada banjir rob,” paparnya.

Untuk merehabilitasi kawasan pesisir, tepatnya daerah bekas tambak yang tergenang air cukup dalam, maka pada kegiatan penanaman mangrove kali ini akan ditanam dengan teknik ‘guludan’.

“Penanaman mangrove dengan teknik ‘guludan’ ini menjadi solusi terbaik bagi kawasan PIK yang memang daerah rawan banjir,” katanya.

Terdapat 200 bibit yang akan ditanam dengan metode guludan dan selebihnya akan ditanam dengan cara ditanam biasa.

Kegiatan ini tidak hanya fokus pada penanaman bibit saja, tapi juga program pelestarian mangrove secara holistic melalui penanaman dan rehabilitasi mangrove, serta edukasi terpadu terkait peran mangrove terhadap kualitas lingkungan dan pemanfaatan biodeversitas mangrove.

Sebagai perusahaan yang konsen terhadap isu lingkungan, PT. SGS Indonesia berkomitmen untuk selalu berkesinambungan dalam pemberdayaan terutama untuk kawasan penanaman mangrove, khususnya untuk kawasan Elang Laut. Agar bisa berkesinambungan untuk menyelamatkan laut Indonesia.

Untuk melestarikan hasil penanaman ini maka dilakukan pemeliharaan selama satu tahun ke depan, bekerjasama dengan penanggung jawab kawasan Elang Laut.

“Ini menjadi komitmen PT. SGS Indonesia dan PKPU untuk terus mengembangkan kawasan mangrove agar lebih terjaga dan dapat berfungsi optimal dalam perlindungan pesisir Jakarta,” tambah Sukismo. (tety)

Leave a Comment