25 C
New York
20/06/2024
Aktual

Pameran Topeng Tertua di Dunia Digelar di Yerusalem

YERUSALEM (Pos Sore) — Koleksi berbagai topeng tertua di dunia, yang dimulai sejak awal peradaban manusia, telah dipamerkan di Musium Israel di Yerusalem.

Berbagai topeng berusia 9.000 tahun yang dipamerkan itu diduga dibuat untuk meniru semangat leluhur yang telah meninggal. Topeng unik ini memiliki dua lubang untuk mata, lubang hidung dan ada pula yang dilengkapi deretan gigi.

Menurut para ahli, topeng kuno ini dibuat di daerah perbukitan dan padang pasir dekat Yerusalem. Dengan mengamati topeng ini, kita dapat melihat adanya peradaban ritual komunal pertama.

Topeng-topeng itu diperkirakan dibuat pada masa antara kelahiran sistem budaya pertanian dan mulai ditinggalkannya gaya hidup berburu hewan.

Menurut James Snyder, direktur Musium Israel, semua topeng itu ditemukan di beberapa lokasi dekat dengan Yerusalem. Selain itu, pembuatan topeng kuno ini mencerminkan awal dari terciptanya peradaban.

“Topeng-topeng itu diperkirakan dibuat pada masa antara kelahiran sistem budaya pertanian dan mulai ditinggalkannya gaya hidup berburu hewan.”

“Semuanya dibuat pada periode pra Neolithic oleh orang-orang yang tinggal di sini yaitu para petani pertama, orang-orang pertama yang sebenarnya tinggal di desa-desa dalam kelompok besar dan mereka adalah pencipta peradaban. Ini diungkapkan kurator Musium Debby Hershman.

Kebanyakan topeng kuno itu milik para kolektor pribadi. Para ahli membutuhkan waktu 10 tahun untuk melakukan pengujian karbon untuk mengetahui keaslian dan asal dari koleksi topeng. Pameran bertajuk Face to Face ini dibuka di Musium Israel dari Maret hingga September.(bbc/meidia)

Leave a Comment