24.2 C
New York
25/07/2024
Aktual

Menteri Linda Ajak Masyarakat dan Swasta Penuhi 4 Hak Anak

JAKARTA (Pos Sore) — Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Linda Amaliasari, mengakui, pemerintah tidak mungkin menyelesaikan persoalan anak yang sedemikian kompleks sendiri saja.

Harus ada partisipasi masyarakat dan swasta untuk bersama-sama menciptakan kondisi yang aman dan nyaman bagi anak Indonesia. Terlebih jumlah anak Indonesia diperkirakan mencapai 28 juta.

“Itu adalah jumlah yang sangat besar,” jelas Linda pada peringatan Bulan Peduli Anak Indonesia yang digelar PT Trans Retail Indonesia (Transmart Carrefour) bersama Asosiasi Perusahaan Sayang Anak Indonesia (APSAI), di Carreofour MT Haryono, Rabu (23/7).

Menurutnya, persoalan anak tak sekedar memberikan fasilitas pendidikan, kesehatan dan gizi yang baik. Tetapi juga bagaimana menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi anak-anak.

Linda menandaskan, ada 4 hak penting yang harus diperoleh semua anak Indonesia. Yakni hak hidup, hak untuk tumbuh dan berkembang, hak mendapatkan perlindungan serta hak untuk berpartisipasi. Ke semua hak tersebut akan terpenuhi dengan baik jika semua pihak saling bekerjasama dan berkoordinasi.

“Saya gembira saat ini semakin banyak perusahaan yang bergabung dalam APSAI. Awal dibentuk 4 tahun lalu hanya 5 perusahaan dan kini sudah 28 perusahaan bergabung,” ungkapnya.

Perusahaan anggota APSAI itu sendiri tak sekedar memiliki program peduli anak, tetapi juga membangun sarana prasarana yang ramah terhadap anak.

Dalam rangkaian Hari Anak Nasional 2014, KPPPA juga mengajak 10 ribu anak Indonesia menonton bersama film Cahaya dari Timur. Film yang mengangkat kehidupan para pemain bola anak-anak di tengah konflik, dapat menjadi pembelajaran yang baik bagi anak-anak bagimana harus mengutamakan kedamaian dan kerukunan. (tety)

Leave a Comment