27.8 C
New York
15/06/2024
Aktual

Menpora Usulkan Paku Buwono X Jadi Bapak Otomotif Nusantara

SOLO (Pos Sore) — Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo akan mengusulkan Almarhum Paku Buwono (PB) X –pernah menjadi Raja Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, menjadi Bapak Otomotif Nusantara. Pada zamannya, PB X dinilai mempunyai kepedulian terhadap dunia otomotif di Indonesia.

Menurut Roy Suryo, PB X dinilai sangat mencintai dunia otomotif. “Punya kepedulian yang tinggi di bidang otomotif. Itulah mengapa beliau akan diusulkan jadi Bapak Otomotif Nusantara,” kata Menpora, Jumat (21/2).

Satu hal yang menjadi sejarah, mobil pertama di Indonesia merupakan mobil milik Raja Keraton Kasunanan  Surakarta Hadiningrat. Pada 1894, PB X mendatangkan satu unit mobil bermerk Benz Pheaton langsung dari pabriknya di Jerman.

Namun, seiring berjalannya waktu, mobil ini tidak lagi berada di Tanah Air. Informasi yang didapatnya, kendaraan klasik Benz Pheaton itu kini berada di Den Haag, Belanda. “Kami akan coba memulangkan mobil pertama tersebut kembali ke tanah air. Doakan saja biar cepat kembali,” jelasnya. (dra)

Leave a Comment