11.2 C
New York
14/04/2024
Aktual

Menkes Tinjau Bridging Loket BPJS-K RSCM

JAKARTA (Pos Sore) — Menteri Kesehatan, dr. Nafsiah Mboi, Sp.A, didampingi Dirut Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS), Fachmi Idris, dan Dirut RSCM, dr. Czeresna H Soejono, SpPD-Kger, meninjau loket BPJS Kesehatan yang telah menerapkan comprehensive Bridging System, di RSCM, Kamis (3/7).

“Saat ini, implementasi Jaminan Kesehatan Nasional sudah semakin baik. Animo masyarakat untuk menjadi bagian dari program ini juga semkain tinggi. Inovasi ini untuk meningkatkan mutu pelayanan kepada peserta dan fasilitas kesehatan,” kata Fachmi Idris, Dirut BPJS-K.

Fachmi menjelaskan, melalui bridging system ini, dua sistem berbeda dari fasilitas teknologi atau web service, dapat dioperasikan bersama tanpa ada intervensi antara satu dengan lainnya. Dengan sistem terbaru ini, pasien peserta JKN tidak harus antre terlalu lama di loket rumah sakit.

Menkes menyatakan kebanggaannya atas diterapkannya sistem terbaru ini. “Rata-rata kurang dari 3 menit, peserta sudah bisa mendapatkan surat eligibilitas peserta (SEP) dan secara otomatis terdaftar dalam sistem informasi manajemen rumah sakit,” katanya antusias.

Selain menguntungkan masyarakat, sistem ini juga memberikan keuntungan bagi rumah sakit. Di antaranya, dapat meningkatkan layanan administrasi peserta, menghemat SDM dan sarana prasarana, perekaman data pelayanan kesehatan, serta proses pengajuan klian menjadi lebih cepat.

“Pelayanan cepat ini sangat penting agar semua peserta JKN dapat memperoleh pertolongan atau pelayanan yang diperlukan dan merasa puas,” tandas menkes.

Menkes pun berharap, sistem ini dapat secepatnya dikembangkan oleh seluruh rumah sakit yang telah bekerjasama dengan BPJS-K. Utamanya, 36 rumah sakit vertikal Kementerian Kesehatan. (tety)

Leave a Comment