24.2 C
New York
25/07/2024
Aktual

Menkes Lantik Pejabat Eselon I dan MITI

JAKARTA (Pos Sore) — Kementerian Kesehatan melantik dua pejabat eselon I, yaitu Prof Dr Tjandra Yoga Aditama, MARS yang sebelumnya Dirjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL), kini menjabat Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, dan dr Sri Henny Setiawati yang sebelumnya Kepala Pusat Penanggulangan Krisis Kesehatan, kini sebagai Staf Ahli Menteri bidang Perlindungan Faktor Risiko Kesehatan.

Sementara itu, Dr dr Trihono, MSc yang sebelumnya Kepala Balitbangkes dilantik menjadi Ketua Majelis Tenaga Kesehatan Indonesia (MITI). Menkes juga melantik 10 orang Komite Keselamatan Pasien Rumah Sakit dan 28 anggota MITI.

“Pejabat yang dilantik hari ini tentunya dipilih setelah melewati proses seleksi yang ketat. Para pejabat yang dilantik pun memiliki banyak prestasi dan pencapaian yang dapat dibanggakan,” kata Menkes, Nafsiah Mboi, di Kemenkes, Jumat (2/5).

P2PL, misalnya, telah mendapatkan 17 sertifikat ISO dan 2 rekor MURI dalam pencapaian kesehatan. “Begitu pula dengan Dr. Sri yang telah berjasa di berbagai bidang kesehatan baik di pusat maupun daerah dan lintas sektor,” ujarnya.

Kepada MITI, menkes meminta agar menjalankan peran secara sungguh-sungguh dalam memelihara mutu tenaga kesehatan, kualifikasi dan kompetensi, juga tepat dan benar dalam pemberian lisensi. Sementara itu, Komite Keselamatan Pasien diharapkan benar-benar dapat menjalankan perannya terutama di era Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) ini. (tety)

Leave a Comment