24.2 C
New York
25/07/2024
Aktual Gaya Hidup

Mau Tulang Sehat? Kenali dan Cukupi Nutrisi

GAYA HIDUP sekarang ini, orang justru sering menghindari sinar matahari. Demi menjaga kecantikan tubuh, kaum perempuan justru tak ingin kulit tubuhnya terpapar sinar matahari. Padahal, sumber utama dari vitamin D adalah sinar matahari.

Spesialis Gizi Klinik, dr. Cindiawaty Pudjiadji MARS, SpGK, mengatakan, akibat perilaku ‘memusuhi’ sinar matahari ini, penyerapan kalsium oleh tubuh kurang maksimal. Jika ini diabaikan, akan beresiko terkena osteoporosis atau kekeroposan tulang.

“Resiko terkena osteoporosis erat kaitannya dengan kurangnya nutrisi bagi tulang. Salah satu nutrisi yang paling dikenal adalah kalsium yang bermanfaat untuk menjaga struktur dan kekuatan tulang,” katanya, dalam media workshop bertajuk ‘Mau Tulang Sehat? Kenali dan Cukupi Nutrisi’, yang diadakan PT Pfizer Indonesia, di Jakarta, Senin (12/5).

Kecukupan kalsium ini juga dapat mengatut kontraksi otot, termasuk otot jantung, penghantaran saraf, maupun pembekuan darah. Namun, dr. Cindy yang berpraktik di RS Medistra, ini mengingatkan kalsium tidak optimal bagi kesehatan tulang jika tidak diimbangi dengan nutrisi lainnya yang berguna bagi tulang.

Ia mengungkapkan, ada panduan untuk mendapatkan vitamin D sebagaimana direkomendasikan Kementerian Kesehatan. Yaitu, dengan berjemur selama 5-15 menit pada muka dan anggota badan dalam waktu 3 kali seminggu sebelum jam 10 pagi atau sesudah jam 4 sore.

Menurutnya, tanpa vitamin D, hanya 10-15% kalsium terserap. Sedangkan dengan vitamin D, penyerapan kalsium di usus menjadi 30-40%. Ini dapat membantu menurunkan resiko patah panggul dan patah tulang lainnya. Selain itu, bagi orangtua, dapat menurunkan kejadian gigi copot.

Kekurangan kalsium kerap terjadi pada wanita, makhluk Tuhan yang super ‘sibuk’. Lihat saja, di zaman yang modern ini banyak perempuan yang memiliki peran rangkap. Tidak saja sebagai ibu rumah tangga, tetapi juga aktif bekerja.

Pagi hari mempersiapkan berbagai hal untuk anak-anak dan suami, sepulang bekerja, kembali melayani keluarga. Membantu anak belajar, melayani suami, mempersiapkan segala hal, dan banyaaak lagi. Begitu besar tanggung jawab dan kesibukan wanita, kerap lupa memperhatikan diri sendiri.

Oscar Hariman, Country Portofolio Mgr. Consumer Healthcare Phizer Indonesia, mengatakan, jika asupan nutrisi belum mencukupi, perlu mempertimbangkan penggunaan suplemen kalsium yang dilengkapi vitamin D dan nutrisi lainnya. Karenanya, Phizer menghadirkan suplemen kalsium tinggi dengan vitamin D dan nutrisi lain, Caltrate dan Caltrate Plus.

“Namun, jangan lupa juga olahraga secara teratur 30-50 menit 5 kali seminggu dan terapkan gaya hidup sehat untuk menjaga kesehatan secara umum dan sekaligus mempertahankan massa tulang,” tambahnya. (tety)

Leave a Comment