24.2 C
New York
25/07/2024
Gaya Hidup

Langsing Alami dengan Alpukat

Memiliki tubuh langsing menjadi impian para wanita. Tak sedikit yang berjuang dengan melakukan diet ketat agar berat tubuh lebih ideal. Banyak juga yang berkunjung ke pusat pelangsingan tubuh yang memakan biaya tak sedikit.

Ada cara yang sederhana tapi menyehatkan dan tak harus menguras dana. Ya, coba saja mengonsumsi alpukat sebelum makan siang. Berdasarkan hasil studi Loma Linda University di California, dengan cara seperti itu bisa mengurangi rasa lapar dan meredakan keinginan ngemil yang berkontribusi terhadap kenaikan berat badan. 

Studi itu mencoba membandingkan pengaruh penambahan ‘camilan’ alpukat sebelum makan siang dengan menu makan siang standar. Para peneliti ingin melihat bagaimana konsumsi alpukat bisa menimbulkan rasa kenyang lebih lama. Penelitian tersebut dilakukan terhadap 26 partisipan dengan berat badan berlebih namun dalam kondisi sehat.

Hasilnya, pada kelompok partisipan yang mengonsumsi alpukat sebelum makan siang, sebanyak 40 persen menyatakan tidak terlalu lapar hingga tiga jam setelah makan. Sebanyak 28 persen lainnya mengaku tetap kenyang dan tidak ingin mengemil selama lima jam setelah makan. Penelitian ini telah dipublikasikan di Nutrition Journal.

“Rasa kenyang adalah faktor utama dalam manajemen berat badan. Mereka yang merasa kenyang tidak akan menyentuh camilan di antara waktu makan,” kata Ketua peneliti Dr Joan Sabate seperti dikutip Daily Mail, belum lama ini.

Alpukat sendiri memiliki kandungan karbohidrat sehingga membuat perut terasa kenyang. Dalam alpukat, terkandung 150 kalori serta serat dalam jumlah tinggi. Alpukat juga mengandung lemak. Namun, konsumsi alpukat tidak menimbulkan lonjakan gula darah seperti yang dilakukan makanan sarat karbohidrat lainnya seperti nasi, kentang atau roti. 

“Penelitian ini juga membuat kami yakin bahwa alpukat punya peran potensial dalam mengontrol kadar gula darah,” papar Dr Sabate. (tety)

Leave a Comment