20.3 C
New York
20/07/2024
Aktual

Lagi, Bill Gates Orang Terkaya di Dunia

NEW YORK (Pos Sore) — Pendiri perusahaan piranti lunak Microsoft, Bill Gates kembali dinobatkan sebagai orang terkaya di dunia tahun ini menurut versi majalah Forbes yang dirilis kemarin.

Gates meraih posisi puncak setelah mengalahkan pesaingnya biliuner telekomunikasi dari Meksiko, Carlos Slim Helu. Selama empat tahun berturut-turut, Carlos Slim sempat menduduki posisi teratas.

Gates sendiri selalu memimpin posisi puncak orang terkaya di dunia selama 15 dari 20 tahun terakhir. Kekayaannya secara bersih diperkirakan mencapai 76 miliar dolar AS, disusul Carlos Slim dengan 72 miliar dolar AS.

“Amerika adalah negara penghasil miliarder tertinggi dunia dengan 492 orang, disusul Cina dengan 152 orang dan Rusia dengan 111 orang.”

Sementara pengusaha pakaian asal Spanyol, Mancini Ortega, yang dikenal dengan rantai ritel pakaian Zara, menduduki posisi ketiga dan mengungguli investor terkenal dari Amerika Warren Buffet yang kini berada di posisi keempat. Lary Ellison, pendiri grup software Oracle menduduki posisi kelima.

Forbes mencatat 1.645 miliarder yang masuk dalam daftar tahun ini, dengan kekayaan bersih rata-rata senilai 4,7 miliar dolar AS. Jumlah ini naik dari 1.426 miliarder tahun lalu dengan kekayaan bersih 4,2 miliar dolar Amerika. Jumlah kekayaan bersih seluruhnya dari para miliarder yang masuk daftar tahun ini senilai 6,4 triliun dolar Amerika, naik dari 5,4 triliun dolar Amerika tahun lalu.

Forbes juga menyebutkan 1,080 miliarder adalah pengusaha yang meraih kekayaan dari usaha sendiri, 207 mewarisi kekayaan dari keluarga dan 352 mewarisi sebagian dan kemudian mengembangkannya.

Peraih kekayaan bersih terbesar dalam daftar adalah pendiri jejaring sosial Facebook, Mark Zuckerberg, yang mendapatkan kekayaannya dua kali lipat menjadi 28,5 miliar dolar AS setelah harga saham perusahaannya melonjak tajam. Namun saat ini ia hanya menduduki posisi ke-21 daftar orang terkaya di dunia.

Raksasa media sosial telah ikut membawa beberapa wajah baru ke dalam daftar orang terkaya di dunia. Para pendatang baru ini termasuk CEO Facebook Sheryl Sandberg dan pendiri WhatsApp yaitu Jan Koum dan Brian Acton, yang baru-baru ini menjual bisnis mereka ke Facebook senilai 19 miliar dolar Amerika.

Menurut Forbes, ada 268 miliarder yang merupakan wajah baru dalam daftar tersebut. Jumlah ini mengalahkan rekor sebelumnya, 226 pendatang baru pada daftar orang terkaya dunia versi Forbes tahun 2008. Jumlah wanita yang masuk dalam daftar tahun ini meningkat dengan 172 miliarder wanita atau naik 25 persen dibandingkan tahun lalu.

Namun secara keseluruhan ada 100 orang yang namanya keluar dari peringkat orang terkaya dunia. Sementara 16 miliarder telah meninggal.

Amerika adalah negara penghasil miliarder tertinggi dunia dengan 492 orang, disusul Cina dengan 152 orang dan Rusia dengan 111 orang.

Selain itu ada miliarder dari empat negara baru yang masuk dalam daftar. Mereka berasal dari Aljazair, Lithuania, Tanzania, dan Uganda.(yahoo/arabnews/meidia)

Leave a Comment