24.2 C
New York
25/07/2024
Aktual

Komisi V DPR Kunjungi Korban Bencana Alam

JAKARTA (Pos Sore) — Bencana alam yang terjadi di Indonesia membuat semua pihak prihatin. Selain menelan korban jiwa, bencana alam ini membuat ekonomi masyarakat sekitar lumpuh.

Dalam kaitan ini, Komisi V DPR RI yang menjadi mitra pemerintah  dalam hal infrastruktur akan meninjau langsung keadaan masyarakat dan kesiapan pemerintah paska bencana alam itu.

“Komisi V berangkat Rabu (5/2) dengan terdiri beberapa tim, ada ke Sumatera Utara karena meletusnya Gunung Sinabung, ada yang ke Menado, ke Pantura Jawa Barat, Jawa Tengah dan Pantura Jawa Timur guna mengetahui kedaan yang dialami masyarakat setelah wilayah itu diterjang banjir bandang,” kata anggota Komisi V DPR Mangara M Siahaan kepada Pos Sore di gedung DPR, Senin (3/2).

Aksi turun ke daerah bencana itu membuktikan anggota dewan tetap menjalankan tugasnya meski disibukkan dengan pemilu legislatif yang akan tiba.

Mangara menyatakan, Komisi V untuk sekarang ini tidak mengadakan rapat tetapi lebih banyak meninjau lapangan di lokasi bencana alam di Indonesia.

“Bencana alam dimana-mana, komisi V tidak tepat mengadakan rapat saat ini di gedung DPR tetapi harus meninjau ke lapangan seperti apa keadaannya terutama nasib masyarakatnya,” jelas Mangara Siahaan.

Politisi senior PDI Perjuangan ini menyatakan, pihaknya ingin mengecek sejauh mana kesiapan pemerintah melakukan rehabilitasi dan melakukan relokasi rumah-rumah penduduk yang menjadi korban bencana alam seperti Tanah Karo, Menado, dan di wilayah Pantura Pulau Jawa.

“Karena rehabilitasi dan relokasi ini terkait dengan anggaran, kita harus turun ke lapangan, tidak hanya mendapat laporan saja dari pemerintah,” ujarnya. (andoes)

Leave a Comment