11.2 C
New York
14/04/2024
Aktual

Ketimun, si Lentik yang Bersihkan Penyakit

Ketimun termasuk buah yang banyak mengandung air dan renyah. Banyak disajikan sebagai pelengkap makan nasi lalapan. Kalori mentimun sangat rendah, namun mengandung banyak nutrisi daripada hanya sekedar air dan elektrolit. Bahkan hampir semua nutrisi yang diperlukan untuk diet seimbang, terdapat dalam buah yang menyegarkan ini.

Tahu tidak, ternyata ada 30 manfaat buah mentimun bagi kesehatan. Mentimun yang rendah lemak jenuh, kolesterol, dan sodium. Juga sumber baik dari vitamin A, asam pantotenat, magnesium, fosfor dan magnesium.
Semua nutrisi ini sangat membantu untuk menjaga kesehatan tubuh, bahkan dapat mengobati penyakit dan meningkatkan proses dalam tubuh.

Manfaat kesehatan lainnya, mentimun bisa sebagai obat untuk mengatasi sembelit kronis. Kulit mentimun mengandung serat makanan yang tinggi, yang membantu mengurangi sembelit, gangguan pencernaan dan mencegah penyakit lambung yang berkaitan dengan detoksifikasi usus.

Kandungan air dalam mentimun juga membantu fungsi ginjal dengan cara mempromosikan buang air kecil. Konsumsi sayuran ini secara teratur juga dapat melarutkan batu ginjal.

Tidak hanya dagingnya, bijinyapun juga sangat bermanfaat. Biji mentimun dianggap sebagai obat alami untuk mengeluarkan cacing pita dari dalam saluran usus. Biji juga memiliki sifat anti inflamasi yang efektif untuk pengobatan pembengkakan selaput lendir hidung dan tenggorokan.

Ingin merasakan manfaatnya? Sering-seringlah mengonsumsi ketimun. (tety)

Leave a Comment