24.2 C
New York
25/07/2024
Aktual

Kerusakan Lingkungan Timbulkan Kerawanan Sosial

JAKARTA (Pos Sore) — Deputi Lingkungan Hidup dan Kerawanan Sosial Kemenkokesra, Willem Rampangilei, mengatakan, pertambahan penduduk yang tidak terkendali mengakibatkan kerusakan sumberdaya alam (SDA) dan bencana alam.

“Minimnya akses dan peluang mata pencaharian serta tingginya tingkat pengangguran yang mengakibatkan penjarahan sumber daya alam, juga ikut mempengaruhi,” jelasnya dalam acara Deputy Meet the Press, di Kemenko Kesra, kemarin.

Selain itu, rendahnya kapasitas kemampuan para pemangku kepentingan dan masyarakat akan pengetahuan, pemahaman dan keterampilan dalam upaya pelestarian lingkungan hidup.

Menurut Willem, kerusakan lingkungan akan menimbulkan kerawanan sosial dalam kehidupan masyarakat. Di sisi lain, dia melihat masih lemahnya penegakan hukum terkait dengan kerusakan lingkungan.

“Belum optimalnya upaya untuk merespon ancaman kerusakan lingkungan yang akan menimbulkan kerawanan sosial dalam kehidupan masyarakat yang akhirnya akan menghambat proses pembangunan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan rakyat,”tambahnya.

Mengantisipasi hal itu, Kemenkokesra melakukan langkah strategis seperti Gerakan merehabilitasi Semilyar Karang (GMSK), Ekspedisi NKRI dan penanganan karhutla melalui Inpres No. 16 Tahun 2011 tentang percepatan penanganan Karhutla. (tety)

Leave a Comment