7.4 C
New York
24/02/2024
Aktual

Kepala BMKG Terpilih Sebagai Presiden WMO RA V Periode 2014-2018

JAKARTA (Pos Sore) — Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Dr. Andi Eka Sakya, M.Eng terpilih sebagai Presiden World Meteorology Organization (WMO) Regional Association (RA) V untuk periode 2014-2018. Pada Selasa (6/5), ia terpilih berdasarkan aklamasi seluruh delegasi WMO dari 23 negara yang hadir dalam kegiatan meeting The 16th session of WMO Regional Association V, di BMKG Jakarta.

“Ini satu kebanggaan bagi Indonesia khususnya BMKG, bahwa periode sebelumnya 2010-2014 Presiden WMO RA V dijabat oleh Kepala BMKG lama Dr. Ir. Sri Woro B. Harijono, M.Sc,” kata Andi.

Pertemuan ini sendiri untuk membahas penanganan dampak lingkungan akibat perubahan iklim. Pertemuan empat tahunan ini untuk menentukan program prioritas dan strategi apa dalam 4 tahun ke depan (2014-2018).

“Secara global semua negara sedang menghadapi tantangan perubahan dan degradasi lingkungan. Karenanya, tidak ada negara yang kebal dari dampak perubahan iklim. Tak ada satu pun negara yang mampu menghadapinya sendiri. Diperlukan kerjasama dengan negara lain untuk bisa ditemukan cara tepat mitigasi dan adaptasi perubahan iklim,” tandasnya.

Itu sebabnya, sebanyak 23 negara di Asia Tenggara dan wilayah Fasifik Selatan menggelar pertemuan ‘The 16th Session of WMO RA V, di BMKG, pada 2-8 Mei. “Kami mencari jalan keluar dari masalah-masalah yang hasilnya nanti dibawa dalam pertemuan meteorologi dunia,” katanya, di sela pertemuan itu.

Andi menambahkan dalam pertemuan itu dibicarakan sejumlah hal penting seperti banjir rob, sekolah lapang iklim, meteorologi penerbangan, pengurangan risiko bencana, dan problem menghadapi badai tropis Filipina.

“Ini suatu kehormatan karena Indonesia kembali menjadi tuan rumah setelah pertemuan tahun 2010 juga digelar di Indonesia. Ini kesempatan yang baik bagi Indonesia untuk dapat berperan aktif dalam sidang tersebut,” ujarnya.

Sidang RA V ini menjadi titik balik yang sangat krusial untuk menjawab tantangan dan kebutuhan negara-negara anggota saat ini dan masa mendatang. (tety)

Leave a Comment