25 C
New York
20/06/2024
Aktual

Irman : DPD Semakin Seksi

JAKARTA (Pos Sore) — Ketua Dewan Perwakilan Daerah(DPD) RI Irman Gusman mengakui, penampilan lembaga ini semakin seksi. Diperkirakan, para senator yang akan terpilih pada pemilu 9 April nanti adalah tokoh yang sudah berpengalaman dan berkelas negarawan.

“DPD itu kan ketokohannya, track recordnya,”kata Irman dalam Dialog Kenegaraan Pemilu 2014 :Perang Tokoh Calon Senator di komplek parlemen, Senayan, Rabu(19/3). Calon anggota DPD yang juga politisi gaek Sabam Sirait dan pengamat politik M Qodari ikut sebagai pembicara.

Menurut dia, jika nanti di DPD betaburan “bintang”, itu adalah pertanda baik, demokrasi kita jalannya akan semakin baik. Tidak sedikit calon anggota DPD yang bertarung pada pemilu ini tokoh-tokoh di daerah termasuk mantan gubernur, mantan bupati dan mantan walikota atau mantan Ketua DPRD. Hal ini terlihat seperti di Jogjakarta. Jawa Tengah atau Bali.

Hadirnya Sabam Sirait dalam DPD ini menurut Irman akan memberikan kesan lain dalam perjalanan demokrasi kita. Konstribusi DPD dalam menjaga pluralisme, persatuan dan kesatuan akan lebih bagus lagi. Tidak seperti diawal terbentuknya lembaga ini, masih ada kecurigaan seolah-olah ancaman bagi keutuhan NKRI, ternyata tidak terbukti.

Qodari yang juga Direktur Eksekutif Indo Barometer mengakui melihat komposisi anggota DPD hasil pemilu 2014, wajah lembaga ini lebih berwarna, apalagi jumlah calon yang bertarung ini lebih dinamis antar satu daerah dengan daerah lainnya.

Ada daerah pada pemilu sebelumnya jumlah calonnya besar tetapi pemilu sekarang ini jumlah calonnya menurun, atau sebaliknya. Ada juga daerah yang jumlah calonnya sama dengan pemilu sebelumnya.

“Pemilu sekarang ini jauh lebih besar ditambah masuknya calon nama-nama besar, pernah jadi bupati, gubernur, pernah juga jadi anggota DPR,”kata Qodari seraya menambahkan, daya tarik DPD sekarang ini karena fungsinya semakin bertambah dan daya tawarnya semakin meningkat.

“Terjadi perang bintang, dan medan pertem[purannya paling seru, tokoh-tokoh banyak ikut di dalam DPD,” ujarnya.

Pada kesempatan itu Sabam Sirait menceritakan alasannya memutuskan mendaftar sebagai calon anggota DPD. Putra sulungnya yang juga anggota DPR dan politisi muda PDIP Marurar Sirait memintanya tidak boleh pensiun total dari gelanggang politik. Sehingga dirinya didorong supaya mau menjadi calon anggota DPD, terlebih kewenangan DPD semakin meningkat.

“Siap kerja keras supaya terpilih dan siap kerja keras jika sudah terpilih,”kata Sabam yang mengaku sudah mendekati berbagai kelompok masyarakat untuk kemenangannya. (andoes)

Leave a Comment