11.2 C
New York
14/04/2024
Aktual

Inilah Manfaat Kemiri Bagi Kesehatan

Kemiri (Aleurites Mollucana), bahan rempah yang cukup populer di Indonesia. Selain sebagai bahan rempah, juga bisa dibuat menjadi minyak. Manfaatnya juga tak hanya sebagai penumbuh dan penyubur rambut. Buah kemiri juga diyakini berkhasiat bisa mengobati buang air besar yang berdarah, diare, disentri, sakit perut, sembelit, demam, sariawan, dan juga sakit gigi.

Penelitian yang dilakukan tim dari New Mexico State University, Las Cruces, menunjukkan kemiri mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL, low density lipoprotein) yang ada dalam darah. ”Para ahli gizi dan dokter selama ini menganjurkan untuk menghindari kacang-kacangan karena kadar lemaknya yang tinggi. Tapi sebetulnya orang tidak perlu terlalu khawatir, karena kacang sebenarnya bisa menjadi bagian dari diet sehat,” kata Dr Wanda A. Morgan, salah seorang anggota tim peneliti.

Sekitar 53 persen dari kemiri adalah lemak tak jenuh yang bukan cuma mampu menurunkan kadar LDL, tapi juga mencegah penggumpalan darah, yang menjadi biang keladi serangan jantung dan stroke. Kemiri juga kaya serat, vitamin E, dan mineral seperti magnesium dan tembaga.

Beberapa khasiat kemiri dalam meringankan jenis penyakit, antara lain:

1. Mengatasi Bisul
Caranya dapat dibuat ramuan dari 15 lembar daun kangkung dan 10 lembar daun bunga pukul empat yang ditumbuk halus yang dicampurkan dengan sedikit minyak kelapa dan minyak kemiri. Oleskan pada bisul minimal 2 kali sehari.

2.Memampetkan Diare
Haluskan 20 gram batang kemiri, campurkan dengan air matang sebanyak 600 cc lalu rebus hingga tersisa 300 cc. Saringlah sebelum diminum. Minumlah saat pagi dan sore.

3. Mengobati Sakit Gigi
Ambil getah dari daun kemiri dan teteskan/oleskan 3 tetes getahnya pada gigi yang sakit. Lakukan sedikitnya 3 kali dalam seminggu.

4. Mengatasi Disentri
Khasiat kemiri untuk mengatasi disentri yaitu dengan merebus kulit batang kemiri sebanyak 90 gram. Rebus kulit kemiri dengan dua gelas air sampai tersisa 1 gelas air rebusan batang kemiri. Minum selagi hangat dan khasiatnya akan terasa. (tety/berbagai sumber)

Leave a Comment