25 C
New York
20/06/2024
Aktual

Efisiensi BBM Mobil Murah Sampai 60% per Unit

JAKARTA (Pos Sore) — Menteri Perindustrian, MS Hidayat menyatakan kendaraan bermotor roda empat yang hemat dan harga terjangkau atau low cost green car (LCGC) dapat menghemat penggunaan bahan bakar minyak (BBM) sebesar 175,2 ribu liter pada tahun ini.

Menurut Hidayat, perkiraan penghematan dihitung dari total produksi LCGC tahun ini sebanyak 1.500 ribu unit. Konsumsi BBM mobil jenis itu per unitnya 20 km/liter, sedangkan mobil lainnya 12 km/liter.

Dengan asumsi penggunaan BBM 8 liter/hari, perhitungan penghematan tersebut dapat terwujud. “Dengan demikian, terdapat efisiensi sekitar 60 persen per unit,” ujar Hidayat di Jakarta, Rabu (2/4).

Pada 2013, lanjut dia, penghematan BBM yang digunakan sudah dihitung dapat menghemat 61,8 ribu liter selama setahun. Pencapaian tersebut dari hasil total produksi 52.956 unit.

Kementerian Perindustrian, kata dia, menganjurkan armada LGCC menggunakan BBM non subsidi, karena spesifikasi mobil tersebut bukan untuk menggunakan BBM subsidi.

Ia mengakui, saat ini masih ada yang menggunakan BBM subsidi. Namun, bukan berarti mobil murah dan hemat itu malah meningkatkan konsumsi BBM bersubsidi.

Pasalnya, kata Hidayat, populasinya hanya satu persen dari total mobil yang beredar di Indonesia. Selain itu, tidak semua penggunanya menggunakan BBM subsidi. “Mobil yang beredar 10 juta unit, dan hanya 90 ribu unit gunakan BBM subsidi,” kata Hidayat. (fitri)

Leave a Comment