24.2 C
New York
25/07/2024
Aktual

Dukungan Elit Demokrat Terpecah

Jakarta(Pos Sore) -Dukungan elit Demokrat terhadap peserta konvensi Capres Partai Demokrat terbelah. Di kubu Pramono, nama nama beken menghias tim sukses. Ada Edhi Baskoro Yudhoyono yang juga Sekjen Partai Demokrat dan keponakan Pramono. Selain Ibas, ada nama Ruhut Sitompul.Di kubu Gita Wirjawan ada ketua DPP Partai Demokrat Kastorius Sinaga. Di kubu Dahlan Iskan ada Sekretaris Majelis Kehormatan Partai Demokrat TB Silalahi. Di kubu Anis Baswedan sinyal dukungan seringkali ditiupkan wasekjen Partai Demokrat Ramadhan Pohan.

Pengamat Politik Soegeng Sarjadi Syndicate (SSS), Toto Sugiarto mengatakan bahwa terbelahnya dukungan elit terhadap peserta konvensi menunjukkan Demokat sedang panik.”Mereka berada di ujung kehidupan politiknya. Berbagai survei memperlihatkan kehancuran partai penguasa tersebut. Elit elit Demokrat sedang menyelamatkan diri masing masing dengan mendukung tokoh yang dipercaya paling berpotensi untuk menang,” kata Toto kemarin.

Berbeda dengan peserta konvensi yang  lain, mantan Dubes RI untuk Amerika Serikat Dino Patti Djalal yang seringkali mengaku kere tidak mendapat satu pun dukungan dari elit-elit Partai Demokrat.Menurut Adilsyah Lubis, Dino tidak mendapat dukungan dari elit-elit Partai Demokrat karena memang dipandang sebelah mata dan kere atau bokek, tidak punya kekuatan logistik seperti peserta konvensi lainnya.Meski demikian,  pengamat politik dan dosen di Universitas Trisakti, Jakarta ini  melihat bukan berarti Dino kehilangan kesempatan memenangkan pertarungan dalam konvensi,  peluangnya tetap terbuka lebar mengalahkan  peserta lainnya.

Syaratnya, kata Adilsyah, proses jalannya konvensi  itu dilangsungkan secara jujur, terutama survey yang digelar oleh  panitia konvensi sebagai bahan atau pertimbangan  untuk menetapkan capres dari Partai Demokrat. (andoes)

Leave a Comment