25 C
New York
20/06/2024
Aktual

Dino Patti Djalal: Abad 21 Islam Akan Masuki Masa Kejayaannya Lagi

MAKASSAR (Pos Sore) — Peserta konvensi Calon Presiden (Capres) Partai Demokrat Dino Patti Djalal meyakini setelah selama 700 tahun Islam tertinggal dari peradaban barat, kejayaan Islam akan tiba pada abad 21. Hal itu dikatakannya saat berbicara di hadapan ratusan santri di Pesantren IMMIM, Makassar, Kamis (6/3).

Ia mengatakan abad ke 7 dan 13 pernah menjadikan Islam sebagai puncak peradaban dunia melebihi peradaban barat, India dan Tiongkok. “Setelah itu, peradaban Islam mengalami penurunan,” ujar Dino.

Pertanda kebangkitan Islam di abad 21 disebutkan Dino adalah dengan munculnya tokoh tokoh Islam yang mampu berbicara di pentas dunia, seperti Muhammad Yunus dari Bangladesh yang meraih hadiah nobel.

Selain itu, tambah Dino, Islam juga menjadi agama dengan pertumbuhan terbesar di negeri adidaya Amerika Serikat. “Sekarang ada 7 juta umat Islam di AS. Di Kongres AS juga sudah ada 2 anggota kongres yang beragama Islam,” katanya.

Ditegaskan Dino, umat Islam jangan tenggelam pada nostalgia agar tidak lupa tantangan masa sekarang dan masa depan.

Untuk meraih keunggulan, umat Islam ditekankannya harus punya nilai nilai unggul, seperti gigih dan mampu melihat dunia sebagai peluang, tempat di mana kita bisa membuat prestasi.

“Saya bangga melihat santri-santri di sini sudah diajarkan 4 bahasa, yaitu Indonesia, Inggris, Arab, dan Tiongkok. Ini menunjukkan sistem pendidikan Pesantren IMMIM adalah sistem pendidikan yang unggul,” pungkas Dino.(fent)

Leave a Comment