25 C
New York
20/06/2024
Aktual

Demo 4 November, KOWANI Minta Orangtua Tidak Membawa Anak

demo
foto: istimewa

JAKARTA (Pos Sore) – Agenda demo buntut penistaan agama yang diduga dilakukan Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama, dipastikan berlangsung pada Jumat (5/11). Demo besar-besaran ini jelas membuat Kongres Wanita Indonesia (KOWANI) khawatir dan harus mengambil sikap tegas.

Organisasi yang dipimpin Dr. Ir. Giwo Rubianto Wiyogo, SPd, MPd, itu bukan melarang masyarakat untuk berdemonstrasi karena itu bagian dari hak menyatakan pendapat yang dilindungi konstitusi.

Kekhawatiran yang muncul dari organisasi tertua di Tanah Air itu karena biasanya anak-anak kerap dilibatkan dalam demonstrasi yang memakan waktu lama. Anak-anak menjadi ‘korban’ ketidakpedulian orang dewasa yang ikut membiarkan anak-anak kepanasan dan kehujanan saat demonstrasi tengah berlangsung.

“Karenanya, Kowani sebagai organisasi federasi organisasi-organisasi perempuan meminta masyarakat yang ikut demo agar tidak membawa anak agar tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan, terlebih anak-anak tidak mengetahui apa-apa terkait demonstrasi itu,” tegas Giwo, di Jakarta, Kamis (3/11).

Berdasarkan banyak kasus, kata Giwo, anak-anak kerap menjadi korban saat diajak demonstrasi oleh orang dewasa. Bahkan tidak sedikit yang harus kehilangan nyawa ketika dalam perjalanan pulang ke rumah usai demonstrasi.

Itu sebabnya, Giwo berpandangan, sebaiknya anak ditinggal di rumah, namun tetap dipastikan anak ada yang menjaga, merawat, mengasuh, dan aman.

Kowani juga meminta kepada publik, meski demo merupakan hak konstitusional, namun harus tetap menjaga ketertiban, kesantunan dan tdk terjadi anarkhi.

“Kowani berharap semua pihak dapat menyejukkan suasana agar suasana kebangsaan kita tetap terjaga dengan baik,” harapnya. (tety)

Leave a Comment