JAKARTA (Pos Sore) — Deputi Bidang Restrukturisasi Usaha Kementerian Koperasi dan UKM mendorong pelaku UMKM agar secara serius melakukan transformasi berbisnis dari sistem konvensional ke online di tengah wabah pandemi Covid-19. Terlebih saat ini terjadi perubahan pola konsumsi masyarakat akibat adanya kebijakan stay at home. Dari pola belanja konvensional ke pola berbelanja secara online.
“Kondisi ini menjadi tantangan sekaligus peluang bagi pelaku UMKM dalam memasarkan produknya. Kementerian Koperasi dan UKM bersinergi dan berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk mendampingi para pelaku UMKM, agar dapat menyesuaikan transformasi proses bisnis dari konvesional menjadi digital bisnis di tengah pandemic covid-19 ini,” kata Plt. Deputi Bidang Restrukturisasi Usaha Herustiati.
Ia mengemukakan hal itu saat melakukan webinar bersama Moka dan Sekolahseo.id dengan tema Brick To Click Tetap Eksis di Masa Krisis, Rabu (29/4/2020). Webinar ini menyasar kepada para pelaku UMKM yang terkena dampak pandemi Covid-19, agar mampu melakukan penyesuaian akses layanan jual secara online.
“Walaupun pelaku UMKM berusaha di tempat usahanya (From Brick) dapat melakukan penjualan secara online (to Click) kepada masyarakat sehingga pelaku UMKM tetap bertahan berusaha pada saat pandemic covid-19 ini,” kata Herustiati.
Menurutnya, dengan memanfaatkan berbagai platform e-comercial di Indonesia seperti marketplace, web-business, social media, dan point of sale serta financial technologi (Fintech) untuk mengembangkan akses jaringan usaha akan memudahkan melakukan pelayanan usaha yang dijalankannya.
VP Brand & Marketing Moka Bayu Ramadhan menjelaskan performa UMKM sebagai kontributor terbesar dalam PDB Indonesia akan memberi dampak signifikan pada kondisi perekonomian Indonesia saat ini. Upaya untuk menyokong UMKM di masa sulit ini perlu menggandeng seluruh pemangku kepentingan.
“Mulai kementerian dan lembaga, pemerintah daerah, asosiasi pendamping, komunitas, swasta, termasuk startup. Kami sangat mengapresiasi Kemenkop dan UKM yang turut berkolaborasi dengan Moka untuk membantu memberikan edukasi yang ditujukan bagi UMKM di Indonesia melalui webinar ini,” jelasnya.
Sementara itu tujuan dari kegiatan ini agar tersampaikannya edukasi mengenai manfaat digitalisasi bisnis kepada UMKM di tengah pandemik covid-19. Dengan demikian, dapat mendorong mereka tetap agar mampu bersaing dan berinovasi lewat teknologi dengan mengutamakan keselamatan, kesehatan dan kualitas produk yang baik sehingga meningkatkan kepercayaan masyarakat dalam membeli produk-produk yang dihasilkan pelaku UMKM. (tety)