11.2 C
New York
14/04/2024
Aktual

Bandung Bakal Miliki Hutan Kota 10 Hektar

BANDUNG (Pos Sore) — Kota Bandung akan memiliki hutan kota baru. Rencananya 10 hektar lahan milik PT Kereta Api Indonesia (API) akan dibuat menjadi Central Park, ungkap WaliKota Bandung Ridwan Kamil, kemarin.

Ia mengatakan proyek hutan kota ini secara penuh dikerjakan oleh PT KAI dan pihak ketiga dan Pemkot Bandung hanya memfasilitasi sisi perizinan.

“Pemkot Bandung memfasilitasi proyek PT KAI dengan pihak ketiga. Pemkot meminta kepada PT KAI agar peruntukannya 10 hektar itu dikunci jadi RTH (ruang terbuka hijau.) Jadi lahannya mah punya PT KAI,” ujar pria yang akrab disapa Emil ini di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana.

“Proyek hutan kota ini secara penuh dikerjakan oleh PT KAI dan pihak ketiga dan Pemkot Bandung hanya memfasilitasi sisi perizinan.”

Menurut Emil, 10 hektar lahan yang berada di Jalan Laswi tersebut, nantinya akan dibuat seperti central park di luar negeri. “Konsepnya seperti kombinasi central park New York dan KLCC Kuala Lumpur,” kata Emil.

Untuk mewujudkan rencana ini, pemkot membahas kebijakan ini dengan PT KAI. “Kita rapat dengan Dirut PT KAI untuk membahas aset PT KAI supaya dioptimalisasi jadi rusun dan lahan 10 hektar di Jalan Laswi yang mau jadi RTH ini,” jelasnya.(arie)

Leave a Comment