20.3 C
New York
20/07/2024
Aktual

Autis Bukan Penyakit, Tetapi Gangguan Tumbuh Kembang

JAKARTA (Pos Sore) — Autis bukanlah penyakit dan berbeda dengan penyakit. Ini adalah suatu gangguan tumbuh kembang anak. Sesuatu dikatakan penyakit jika diberi obat dalam beberapa hari penyakit akan sembuh. Seperti halnya tatkala sakit flu, batuk, atau penyakit lainnya. Sementara autis membutuhkan penanganan dan terapi dalam hitungan bulan.

“Karenanya, orangtua tidak perlu merasa malu dengan kondisi anaknya yang menyandang autisme. Apalagi sampai ‘menyembunyikan’ anaknya dari lingkungan,” tegas konsultan Neuropediatri dari Divisi of Pediatric Neurology, Dept. of Child Health Faculty of Medicine, University of Padjadjaran, Bandung, Dr. Purboyo Solek, SpA (K), di Jakarta, kemarin.

Purboyo mengatakan, kelainan perkembangan terkait autisme terbagi menjadi tiga hal. Yaitu ada gangguan komunikasi dan interaksi, perilaku, serta gangguan perilaku yang disebut maladaptif. Hampir sebagian besar anak penyandang autis mengalami gangguan dalam berkomunikasi dan berinteraksi.

“Namun, bukan berarti anak-anak yang mengalami gangguan berkomunikasi dan berinteraksi lantas disebut autis. Semua anak yang kalau dipanggil tidak menoleh apakah autisme? Bagaimana dengan tuli berat kalau dipanggil tidak menoleh, kan bukan autisme. Karenanya, diagnosa tepat akan menentukan terapi yang tepat,” tandasnya. (tety)

Leave a Comment