20.3 C
New York
20/07/2024
Aktual

Aktor Ghostbuster, Harold Ramis, Meninggal Dunia

LONDON (Pos Sore) — Aktor sekaligus sutradara yang terkenal lewat film “Ghostbuster” tahun 1980-an, Harold Ramis meninggal dunia di usia 69 tahun kemarin.

Pria berkacamata yang ikut memperkuat film komedi Ghostbuster ini dan juga Groundhog Day meninggal karena autoimmune inflammatory vasculitis. Ini adalah jenis penyakit yang jarang terjadi berupa pembengkakan pembuluh darah.

Aktor ini mulai dikenal sebagai Egon Spengler, seorang pria berkacamata yang memperkuat tim pemburu hantu dalam serial film Ghostbuster tahun 1984.

Namun ia juga seorang sutradara dan penulis berbakat. Salah satu karyanya adalah Caddyshack dan Animal House. “Kami merasa kehilangan dirinya yang memiliki kreativitas, rasa belas kasihan, kepintaran, sifat humor dan semangat,” ujar keluarganya.

Aktor tampan ini tak suka menggemborkan penyakit yang dideritanya setelah penyakit itu pertama kali menyerangnya pada 2010 lalu. Tapi beberapa temannya belakangan ini telah mengunjunginya temasuk aktor Bill Murray setelah bertahun tahun tak bertemu.

Pria yang dikenal humoris, pintar dan kreatif ini telah menulis, memproduksi dan mengarahkan Groundhog Day. Film ini berkisah tentang seorang pria yang bekerja sebagai pembaca berita ramalan cuaca di stasiun televisi. Pria ini terpaksa menjalani kehidupan selama 24 jam yang sama berulang-ulang.

Lahir di Chicago dari seorang orangtua pemilik toko Ruth dan Nathan, Ramis kuliah di Washington University di St Louis. Setelah lulus, ia sempat bekerja di sebuah rumah sakit jiwa namun hanya sebentar.

Ia memulai karirnya sebagai seorang penulis tentang karya seni di beberapa suratkabar lokal dan bekerja sebagai editor untuk seksi humor pada berbagai pesta di majalah Playboy.

Setelah keluar dari majalah itu, ia bergabung dalam grup komedi Second City yang terkenal di Chicago. Namun ia akhirnya keluar setelah menyadari keterbatasannya sebagai pemain setelah pertemuannya dengan John Belushi.

Ramis ikut bermain dalam enam film bersama dengan Bill Murray, termasuk film komedi militer Stripes. Ia lebih banyak bermain sebagai pria jujur dalam film itu. Sebaliknya ia lebih banyak menjadi seorang tokoh yang kaku dan lebih suka berkecimpung dalam penelitian ilmiah dalam film Ghostbuster yang diperankan tiga pria pemburu hantu.

Film Ghostbuster ini mulai tenar pada 1984 dan dilanjutkan sekuel berikutnya pada 1989 serta serangkaian film kartun dengan tema yang sama. Sekuel ketiga sedang dikembangkan sejak beberapa tahun ini.

Ramis mengakui bahwa film komedi menjadi karyanya yang paling disukai dan merasa bangga karena film seperti itu tetap bertahan.(bbc/meidia)

Leave a Comment