20.3 C
New York
20/07/2024
Aktual

Agung Laksono Ditunjuk Presiden SBY Sebagai Pejabat Ad Interm Menteri Agama

JAKARTA (Pos Sore) — Menko Kesra, Agung Laksono, ditunjuk Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, menjadi pejabat ad interm Menteri Agama, Rabu (28/5), menyusul mundurnya Suryadharma Ali dari jabatan itu karena diduga terlibat kasus korupsi dana haji. “Mulai Jumat (30/5) saya aktif di Kementerian Agama. Secara lisan sudah disampaikan, suratnya lagi on the way,” kata Agung, di Kemenko Kesra.

Ia mengatakan keputusan penunjukkan dirinya sebagai Plt Menteri Agama, bukan hasil intervensinya. Mungkin karena Kementerian Agama berada di bawah Koordinasi Kesra, tugas negara ini pun diembankan kepada dirinya. “Saya dipercaya bapak Presiden untuk mengisi kekosongan ini dengan sebaik-baiknya,” ujarnya.

Dalam kaitan kasus korupsi dana haji, Agung, akan terus tetap mengawal. Masyarakat juga diminta untuk mengawal kasus itu hingga tuntas. Proses ibadah haji jangan sampai terganggu. “Proses ibadah tetap jalan, proses hukum juga tetap berjalan,” katanya.

Terkait permintaan jatah kursi haji seperti yang dilontarkan sehingga menggeser jatah kursi calon jamaah haji, menurut Agung, sudah tidak pada tempatnya. Terlebih calon jamaah haji menunggu sekian lama agar bisa berangkat ke tanah suci.

Dengan jabatannya itu, berarti Agung Laksono melakukan tugas dan fungsinya sebagai Menteri Agama, seperti melatik pejabat Kementerian Agama, menjadi amirrul Hajj, atau kegiatan-kegiatan lain yang digelar Kementerian Agama. (tety)

Leave a Comment