7.4 C
New York
24/02/2024
Aktual

30 Peserta Ikuti Festival Gethek Bengawan Solo

SOLO (Pos Sore) — Tepian Sungai Bengawan Solo, Minggu (9/3) dipastikan bakal dipadati ribuan warga. Hal ini berkaitan dengan diselenggarakannya even tahunan “Bengawan Solo Gethek Festival 2014” yang digelar Pemkot Solo.

Sumber Pos Sore, Rabu (5/3) menyebutkan, lebih dari 30 peserta dari wilayah Soloraya (eks Karesidenan Surakarta) bakal mengikuti festival gethek di Bengawan Solo tersebut.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Solo Eny Tyasni Susana menjelaskan, karena debit air Bengawan Solo yang tinggi saat ini, pihaknya berani untuk melibatkan lebih banyak peserta dibandingkan tahun kemarin (2013). Selain itu, kata Eny, start dan finish juga berbeda.

“Kemarin dimulai dari Bantaran Ngepung, Kelurahan Sangkrah hingga Taman Ronggawarsita, Jurug. Sementara untuk tahun ini start-nya tetap sama, tapi finish-nya masih kita pertimbangkan. Kemungkinan di kawasan Pucangsawit,” ungkap Eny.

Dirinya berharap, melalui penyelenggaraan Bengawan Solo Gethek Festival 2014 kali ini mampu memberikan inspirasi dan gambaran bahwa Sungai Bengawan Solo masih memiliki eksotisme yang terlantun dalam tembang ciptaan sang maestro keroncong, almarhum Gesang Martohartono.

“Bengawan Solo ini kan terkenal melalui tembang ciptaan beliau (almarhum Gesang Martohartono — Red) sehingga melalui event ini kita ingin membuktikan bahwa Sungai Bengawan Solo masih tetap sama dan terjaga dari tahun ke tahun,” pungkas Eny. (dra)

Leave a Comment