24.2 C
New York
25/07/2024
Aktual

Universitas Belanda – Indonesia Kembangkan PV di Papua

JAKARTA (Pos Sore) — Universitas Belanda dan Indonesia bergabung untuk sistem energi surya baru di Papua. Berkat inisiatif Belanda-Indonesia yang dipimpin Dr. Angele Reinders dari Universitas Twente, sistem baru untuk photovoltaic (PV) energi surya telah dikembangkan di Papua. Untuk program ini, pemerintah Belanda menghibahkan 700.000 Euro untuk mengembangkan sistem PV grid-connected di Indonesia.

Program ini fokus pada pendidikan, transfer pengetahuan, jaringan dan penelitian. Selama dua tahun terakhir, berhasil mengembangkan sistem PV di Papua. Pelatihan pada energi surya juga dibentuk.

“Sampai tiga tahun lalu, Indonesia memiliki hampir tidak ada pengalaman dengan sistem energi surya yang terhubung ke grid,” ujar Reinders, di Jakarta, kemarin.

Sistem ini menghasilkan sekitar 50.000 kWh listrik per tahun. Ini sama dengan penghematan 5.000 liter solar dan 11.000 kilo batu bara per tahun. “Menggunakan sistem energi surya, sekarang balai kota setempat sebagian besar mandiri mengenai kebutuhan energi,” tambahnya. (tety)

Leave a Comment