4.6 C
New York
02/03/2024
Aktual

Transmigran Telah Melahirkan Dua Ibukota Provinsi

JAKARTA (Pos Sore) — Dalam pembangunan nasional, program Transmigrasi telah menjadi salah satu solusi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Hal itu terbukti dalam kurun waktu 63 tahun pelaksanaannya, setidaknya tercatat 2,2 juta Kepala Keluarga telah diberangkatkan dalam program transmigrasi dan telah berkembang menjadi 27 juta transmigran beserta keturunannya.

Program transmigrasi juga telah menciptakan 3.425 desa baru dimana 383 desa diantaranya telah berkembang menjadi ibu kota kecamatan dan diantara kecamatan – kecamatan tersebut 104 tumbuh menjadi ibu kota kabupaten. Bahkan dua ibukota provinsi terbentuk dari permukiman Transmigrasi, yaitu Mamuju ibukota Sulawesi Barat dan Bulungan/Tanjung Salor ibukota Kalimantan Utara.

Dengan kata lain program transmigrasi merupakan program strategis tidak saja hanya semata-mata mengatasi permasalahan demografis, namun juga mempercepat pembangunan nasional, mengentaskan kemiskinan masyarakat dan menekan angka pengangguran.

“Pembangunan di bidang transmigrasi tidak hanya terbatas pada aspek wilayah dan tata ruang secara fisik, melainkan juga pada aspek sumberdaya manusia yang pada gilirannya harus mampu memberikan kontribusi secara nyata dan terukur dalam pembangunan perdesaan serta pengembangan ekonomi lokal dan daerah dalam rangka meningkatkan daya saing daerah, “ kata Muhaimin.

Muhaimin mengatakan untuk mempercepat pelaksanaan pembangunan di lokasi-lokasi transmigrasi, pihak Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi terus menggulirkan revitalisasi dan refocussing program transmigrasi secara bertahap dan menyeluruh.

Keberhasilan revitalisasi dan refocussing program transmigrasi, dikatakan Muhaimin ditentukan oleh tiga aspek utama yaitu aspek penyiapan permukiman, aspek penyiapan SDM calon transmigran serta aspek pembinaan masyarakat dan kawasan transmigrasi oleh pemerintah pusat dan daerah. (hasyim)

Leave a Comment