-1.1 C
New York
02/12/2024
Aktual Kesehatan

“Tanya Dokter Gigi by Pepsodent” Kini Dilengkapi dengan Teknologi AI Denta-Scan

JAKARTA (possore.id) — Pepsodent meresmikan Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN), Kamis 12 September 2024. Pelaksanaan BKGN ke-15 ini mengusung tema “Berani Unjuk Gigi, Dukung Senyum Indonesia Lebih Kuat, Senyum Sehat, Indonesia Maju”.

BKGN ke-15 ini bekerja sama dengan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), Asosiasi Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia (AFDOKGI), dan Asosiasi Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan Indonesia (ARSGMPI).

Peresmian BKGN 2024 ini juga mengawali dukungan Pepsodent selaku Official Oral Care Partner Tim Nasional Sepak Bola Indonesia.

BKGN adalah program tahunan yang digelar sejak 12 September 2010. Kemudian pada 2011 ditetapkan sebagai Hari Kesehatan Gigi Nasional (HKGN) oleh Kementerian Kesehatan.

Selama pelaksanaan BKGN 2024, Pepsodent kembali memberikan pemeriksaan dan perawatan gigi gratis. Ada juga layanan konsultasi gigi online “Tanya Dokter Gigi by Pepsodent” yang kini dilengkapi dengan teknologi Pepsodent AI Denta-Scan.

Distya Tarworo Endri, Head of Marketing Oral Care and Professional Marketing Unilever Indonesia menyatakan, kesehatan gigi dan mulut telah lama menjadi perhatian perusahaan yang juga sejalan dengan misi Pepsodent.

Dikatakan, setiap tahunnya, BKGN memberikan layanan pemeriksaan dan perawatan gigi gratis di seluruh FKG dan RSGMP di Indonesia disertai rangkaian edukasi ke sekolah. Hingga 2023, layanan ini telah memberi manfaat ke lebih dari 1,1 juta masyarakat.

“Kami bersyukur BKGN telah berkontribusi mendorong masyarakat menyikat gigi di waktu yang tepat yaitu setelah makan dan sebelum tidur, serta meningkatkan kesadaran untuk rutin berkonsultasi ke dokter gigi setidaknya 6 bulan sekali.”

Seiring pelaksanaan BKGN, jumlah masyarakat yang menyikat gigi di waktu yang tepat telah meningkat lebih dari dua kali lipat, yaitu dari 2,8% (Riset Kesehatan Dasar, Riskesdas 2018) menjadi 6,2% (Survei Kesehatan Indonesia/SKI 2023).

Selain itu, jika di Riskesdas 2018 dilaporkan 94,9% masyarakat tidak berkonsultasi ke dokter gigi selama 1 tahun, maka di SKI 2023 angka ini menunjukkan perbaikan menjadi 91,2%.

drg. Ratu Mirah Afifah, GCClinDent., MDSc., Head of Professional Marketing Personal Care Unilever Indonesia menambahkan, sejak 2020 BKGN didukung dengan layanan konsultasi gigi online “Tanya Dokter Gigi by Pepsodent” yang mudah diakses melalui QR code di kemasan pasta gigi Pepsodent Pencegah Gigi Berlubang.

Didukung keahlian ribuan dokter gigi dari PDGI, AFDOKGI dan ARSGMPI, lebih dari 140.000 masyarakat telah menggunakan layanan ini.

Guna memberikan pengalaman dan manfaat yang lebih maksimal, di BKGN 2024 Pepsodent semakin melengkapi layanan ini dengan teknologi Pepsodent AI Denta-Scan, screening awal kesehatan gigi dan mulut yang diproses dan dihasilkan melalui teknologi AI.

Berbekal hasil screening ini, pengguna akan diarahkan untuk berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter gigi yang tersedia via chat maupun video call.

“Seluruh fitur Pepsodent AI Denta-Scan ini dapat diakses masyarakat mulai akhir September 2024,” lanjut drg. Mirah.

Hamish Daud, Brand Ambassador Pepsodent, mengaku senang bisa menjadi bagian dari layanan kesehatan gigi online berbasis AI ini. Selain terasa lebih personal, penggunaannya juga begitu mudah berkat arahan yang begitu detail dan lengkap.

“Apalagi masyarakat Indonesia sudah sangat familiar dengan teknologi AI, saya yakin inovasi ini akan semakin membawa excitement tersendiri dan menghilangkan stigma bahwa berkonsultasi ke dokter gigi adalah hal yang menakutkan.”

Hadir dalam kesempatan ini, drg. Tari Tritarayati, SH. MHKes, Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia, Prof. drg. Suryono, S.H., M.M., Ph.D selaku Ketua AFDOKGI, serta Dr. drg. Julita Hendrartini, M.Kes, AAK, Ketua ARSGMPI.

Leave a Comment