11.2 C
New York
14/04/2024
Aktual

Produk Otomotif Nasional Tembus 84 Negara Tujuan Ekspor

JAKARTA (Pos Sore)–Menteri Perindustrian,MS Hidayat mengungkapkan,produk otomotif nasional telah mampu memenuhi kebutuhan pasar luar negeri di 84 negara tujuan ekspor di dunia.

“Dengan semakin meningkatnya kualitas produk otomotif nasional ditambah dengan semakin diminatinya produk Kendaraan Bermotor Hemat Energi dan Harga Terjangkau (KBH2) produksi Indonesia oleh berbagai negara tujuan ekspor saat ini, maka saya yakin ekspor produk otomotif nasional ke depan akan terus meningkat.”

Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan volume ekspor kendaraan dalam keadaan utuh (CBU) pada tahun 2013 mencapai 170.000 unit (naik dibanding tahun 2012 sebesar 125.000 unit). Sementara itu, ekspor produk kendaraan bermotor dalam keadaan terurai (CKD) pada periode yang sama tahun 2013 juga naik mencapai 105.000 unit dibanding  tahun 2012 sebesar 100.000 unit.

“Dengan semakin meningkatnya kualitas produk otomotif nasional ditambah dengan semakin diminatinya produk Kendaraan Bermotor Hemat Energi dan Harga Terjangkau (KBH2) produksi Indonesia oleh berbagai negara tujuan ekspor saat ini, maka saya yakin ekspor produk otomotif nasional ke depan akan terus meningkat,” tegas Hidayat Kamis (5/6).

Ia memperkirakan tahun 2014 volume ekspor akan semakin meningkat hingga mencapai 200.000 unit untuk CBU dan 110.000 unit untuk CKD. Oleh karena itu, Kementerian Perindustrian terus mendorong produksi, ekspor, penguasaan teknologi, dan pendalaman struktur industri agar harapan Indonesia menjadi salah satu basis produk otomotif di dunia akan segera terwujud.

Sejak diluncurkan produk KBH2 pada tahun 2013, kata Hidayat, ternyata telah diserap dengan baik oleh pasar dalam negeri bahkan juga diminati oleh pasar luar negeri. Hingga saat ini, produk KBH2 Indonesia telah diekspor ke Filipina dan Pakistan.

Hal tersebut, pada satu sisi menunjukkan bahwa KBH2 yang diproduksi Indonesia telah memiliki kualitas yang cukup diandalkan sehingga mendapat respon baik oleh pasar dalam negeri maupun ekspor. Sedangkan pada sisi lain, capaian tersebut merupakan sebuah bukti nyata bahwa program pengembangan produksi KBH2 yang dicanangkan oleh Pemerintah sejak tahun 2013 sudah tepat dan sejalan dengan perkembangan bisnis otomotif dewasa ini. (fitri)

Leave a Comment