JEPARA, PosSore — Tidak pernah terlintas dalam benak Ponco Suhirno bahwa ia akan menempuh jalur karier di industri mebel dan kerajinan. Sebelum dikenal sebagai pengusaha sukses di Jepara, Jawa Tengah, Ponco adalah seorang web developer yang mahir dalam pembuatan situs web. Namun, nasib membawanya ke dunia mebel saat ia bekerja di industri tersebut di daerah asalnya.
Segala pengetahuan tentang bisnis dan pembuatan produk mebel ia dapatkan di sana. Namun, hidup tidak selalu berjalan mulus. Perusahaan tempatnya bekerja tutup, memaksa Ponco untuk berhenti bekerja dan menghadapi kenyataan pahit PHK.
Berhenti bekerja berarti tidak ada penghasilan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Ponco pun tidak tinggal diam. Dengan semangat dan pengalaman yang ia miliki, Ponco bersama rekannya, Heris Nugroho, memutuskan untuk merintis usaha di industri mebel. Bermodal semangat, pengalaman, dan modal usaha seadanya, mereka mendirikan PT President Furniture.
Dalam menjalankan bisnis mebelnya, Ponco Suhirno memiliki keuntungan unik yang membedakannya dari banyak pengusaha lain di bidang ini. Keahlian lain yang ia miliki adalah di bidang web development, yang memiliki keterkaitan erat dengan penggunaan internet. Kemampuan ini tidak hanya membantu dalam operasional sehari-hari tetapi juga membuka peluang baru dalam pemasaran dan promosi produk.
Sebagai seorang web developer yang mahir, Ponco mampu memanfaatkan teknologi digital untuk mempromosikan produk-produk mebel dari PT President Furniture. Ia menggunakan berbagai platform online untuk meningkatkan visibilitas dan daya tarik produk mereka. Dengan memanfaatkan keahlian teknisnya, Ponco berhasil menciptakan situs web yang menarik dan mudah diakses, sehingga pelanggan dapat dengan mudah menemukan dan membeli produk mebel yang mereka inginkan.
Keahlian Ponco dalam web development juga memungkinkannya untuk memanfaatkan platform e-commerce secara maksimal. Ia menggunakan situs-situs besar seperti Alibaba untuk menjangkau pasar internasional, yang pada akhirnya meningkatkan jumlah pesanan dan penjualan produk. Dengan strategi promosi yang tepat dan pemanfaatan teknologi, PT President Furniture mampu menembus pasar global dan mendapatkan pelanggan dari berbagai belahan dunia.
Keahlian Ponco di bidang web development menjadi aset berharga dalam mempromosikan produk-produk mebel mereka. “Dalam kegiatan promosi dan penjualan produk mebel yang dibuat President Furniture, kami memanfaatkan platform e-commerce dari perusahaan ternama, Alibaba,” kata Ponco dalam percakapan dengan PosSore, Senin (29/7).
Memanfaatkan platform e-commerce yang masih belum banyak dilirik orang pada saat itu terbukti efektif. Dari tahun 2005 hingga 2007, PT President Furniture kebanjiran pesanan dari berbagai penjuru dunia. Seiring waktu, Ponco menyadari pentingnya mengoptimalkan situs web mereka secara organik. Optimalisasi ini membawa hasil yang luar biasa, dengan pesanan yang terus berdatangan. Untuk memenuhi permintaan yang terus meningkat, Ponco merekrut para pengrajin mebel di sekitar Jepara untuk bekerja sama.
Kini, mayoritas pesanan dikerjakan sendiri oleh PT President Furniture, memastikan kualitas dan desain produk yang dihasilkan benar-benar memuaskan. “Dengan dikerjakan sendiri, kami bisa lebih puas dalam membuat produk mebel, baik dari desain maupun konstruksinya, sehingga produk yang dibuat itu benar-benar berkualitas,” ujar Ponco, yang kini juga menjabat sebagai Ketua Bidang Pemasaran E-Commerce DPP HIMKI (Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia).
Kualitas produk yang terjaga membuat mebel buatan PT President Furniture tetap eksis di pasar internasional. Produk mereka diterima dan disukai di negara-negara Eropa, Amerika, Afrika, dan beberapa negara di Asia. Meskipun kondisi global saat ini kurang kondusif, volume ekspor berkurang, tetapi penghasilan yang didapat lebih besar dibandingkan dahulu.
Sejauh ini PT President Furniture sangat ketat dalam pemilihan bahan baku kayu, mayoritas menggunakan kayu jati, serta kayu karet dan mahoni sesuai permintaan pembeli. Meskipun perjalanan bisnis mereka tidak selalu mulus, seperti saat pandemi COVID-19 yang menyebabkan kesulitan dalam pengiriman barang karena harga sewa kontainer yang melonjak, Ponco dan timnya berhasil mengatasi tantangan tersebut.
Produk yang sempat menumpuk perlahan-lahan terjual kembali, dan memastikan kelangsungan bisnis mereka. Menurut Ponco, nama President Furniture dipilih karena mudah diingat oleh semua orang, termasuk pembeli. Ponco memberikan saran kepada pelaku industri mebel dan kerajinan agar ketat dalam mengelola manajemen keuangan dan tidak buru-buru menikmati keuntungan.
“Uang tersebut bisa digunakan untuk pengembangan usaha jika nanti ada penambahan order yang lebih besar,” katanya. Ponco Suhirno adalah bukti nyata bahwa dengan semangat, ketekunan, dan inovasi, tantangan dalam hidup bisa diubah menjadi peluang yang menguntungkan. (aryo)