24.2 C
New York
25/07/2024
Aktual

PDIP Gandeng Nasdem

JAKARTA (Pos Sore) — Di saat masyarakat meraba raba tentang koalisi partai usai pemilu legislatif 9 April lalu, Capres PDIP Joko Widodo hari ini bertandang ke markas Partai Nasdem di Gondangdia, jakarta Pusat.

Hal ini menunjukkan bahwa ada titik terang koalisi PDIP dengan Nasdem yang kian makin mendekat. “Jam 11 tadi Jokowi temui Surya Paloh di Kantor DPP Nasdem,” ujar seorang kader Nasdem kepada Pos Sore.

Sebagaimana diketahui, sesuai hasil Pemilu sementara melalui perhitungan cepat, PDIP tidak bisa mengusung sendiri Capresnya karena tidak memenuhi syarat sebagaimana diatur UU. Untuk itu PDIP perlu berkoalisi dengan partai lain. Kemungkinan besar pilihannya akan jatuh kepada Partai Nasdem.

Kedekatan PDIP-Nasdem sudah disampaikan Jokowi sendiri sejak Kamis lalu. Jokowi mengatakan, PDIP lebih dekat dengan Nasdem dan PKB.

Demikian juga dengan Surya Paloh saat menerima kunjungan Jusuf Kalla. Ketika itu dia mengatakan Nasdem sangat linear khususnya ideologi dengan PDIP. Paloh bahkan menyebut akan mengajukan JK menjadi pendamping Jokowi.

Jokowi pada Jumat malam telah menemui Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Pada pertemuan selama dua jam, Mega-Jokowi membahas koalisi dan cawapres. Saat ditanya apakah nama JK dibahas menjadi bakal cawapres, Jokowi membenarkan. (hasyim)

Leave a Comment