27.8 C
New York
15/06/2024
Aktual

Muhaimin Ke Myanmar Hadiri ALMM Ke-23

JAKARTA (Pos- Sore) — Menakertrans Muhaimin Iskandar hari ini, Rabu (21/5), berangkat menuju Myanmar untuk menghadiri pertemuan para Menteri Tenaga Kerja Asean ke-23 atau Asean Labour Minister Meeting (ALMM) yang berlangsung pada 21-22 Mei 2014.

Pertemuan ALMM diselenggarakan secara reguler setiap dua tahun diikuti 10 Menteri Tenaga Kerja negara-negara anggota ASEAN dan perwakilan tiga negara lainnya dari China, Jepang dan Korea Selatan.

Tahun ini tema yang diangkat dalam ALMM ke 23 yang diselenggarakan di ibukota Myanmar yang baru Nay pyi Taw ini adalah “Enhacing Competitive Labour Force for Harmonious, Progressive and Prosperous Workplace” atau Memperkuat daya saing tenaga kerja dalam menciptakan Kondisi harmonis, progresif dan sejahtera di tempat kerja.

Kapus Humas Kemnakertrans, Suhartono dalam siaran persnya mengtatakan, para menteri Tenaga kerja ASEAN harus mengembangkan koordinasi dan bekerja sama secara lebih intensif untuk mempersiapkan diri menghadapi AEC tahun 2015 secara bersama-sama.

“Kerja sama regional di bidang ketenagakerjaan dibutuhkan untuk saling membantu antar negara Asean sehingga mampu mendorong pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan negara dan wilayah, “ katanya mengutip Muhaimin.

Dalam menghadapi AEC tahun 2015, katanya, sektor ketenagakerjaan mendapat perhatian khusus dari masing-masing negara ASEAN sehingga membutuhkan langkah-langkah persiapan yang matang untuk membangun sumber daya manusia berkualitas.

“Standar kualitas keterampilan dan keahlian kerja menjadi syarat utama untuk meningkatkan daya saing para pekerja di negara-negara ASEAN. Strategi bersama harus dibicarakan dan dipersiapkan dalam menghadapi persaingan di tingkat regional dan global, “ tegasnya. (hasyim)

Leave a Comment