27.8 C
New York
15/06/2024
Gaya Hidup

Mengatasi Rasa Kantuk di Kantor

Pos Sore – Mengantuk diawali dengan menguap, sepertinya memang manusiawi. Hanya saja jika terjadi di kantor, dapat membuat penilaian terhadap kinerja kita menjadi kurang baik. Yang pasti, banyak hal yang bisa menyebabkan diri  kita mengantuk saat dikantor. Mungkin saja karena kita kurang tidur lantaran ada pekerjaan yang dilakukan semalam suntuk atau bisa juga karena makan siang yang terlalu banyak. Tapi jangan salah, stres pun dapat menjadi pemicu menjadi mudah mengantuk.

Aktifitas ini mungkin dapat membantu, jika kantuk sudah menyerang Anda;

1. Tidur Sesaat

Pakar enzim asal negeri Sakura, yakni dr.  Hiromi Shinya menyebutkan jika rasa kantuk dating setelah makan siang merupakan hal normal. Jika saat mengantuk tetap kita paksakan untuk bekerja, justru bisa membuat kita sulit konsentrasi sehingga tidak dapat menyelesaikan  pekerjaan dengan baik. Jika tubuh memberikan sinyal lelah atau ngantuk, sebaiknya kita  sempatkan untuk memejamkan mata sesaat.

2. Memandangi Tempat Terbuka

Cobalah mencari tempat terbuka disekitar kantor. Dengan keluar sejenak maka mengurangi kelelahan pada mata karena dihadapkan dengan sekat kantor ataupun komputer yang jaraknya terlalu dekat. Berada di tempat terbuka juga memungkinkan kita untuk menghirup oksigen lebih banyak dibandingkan oksigen di dalam kantor.

3. Minum Kopi

Minum kopi menjadi solusi yang banyak dilakukan ketika diserang rasa kantuk. Kopi mengandung L-theanine yang dapat mengurangi rasa lelah dan kantuk. Namun, selain
menyebabkan ketergantungan, kebiasaan minum kopi juga membuat tubuh kita menjadi kebal terhadap reaksi kopi. Tentu saja kondisi ini akan membuat kopi tidak berpengaruh terhadap kantuk yang menyerang. Karena itu, coba gantilah dengan minum teh, terutama teh hijau yang berasal dari Negeri Cina itu dapat meningkatkan kewaspadaan kita.

4. Mengganti Tugas Untuk Merangsang Pikiran

Pekerjaan yang monoton bisa membuat seseorang mengantuk dan tertidur, karenanya cobalah mengganti tugas yang dilakukan untuk merangsang pikiran dan membuatnya tetap terjaga.

5.Lakukan Olahraga Ringan

Olahraga juga dapat dilakukan saat kita berada dikantor. Olahraga yang dimaksud di sini berupa peregangan (streching) yang dapat dilakukan didepan komputer. Dengan menggelengkan kepala ke kanan dan tahan kurang lebih 5 detik, lalu lakukan ke arah kiri dalam waktu yang sama dilanjutkan dengan merekatkan kedua tangan lalu julurkan ke atas selama 5 detik.

6.Meminum Air Putih

Dehidrasi bisa menyebabkan kelelahan yang berujung pada serangan rasa kantuk. Cobalah  minum segelas air putih hangat. Selain mengatasi dehidrasi, air putih hangat dapat  merangsang peredaran oksigen dalam darah ke otak. Kita akan merasa lebih segar dan mata melek. (idas)

Leave a Comment