19.3 C
New York
24/05/2024
Aktual Gaya Hidup

Medical Stocking, Kaki Mulus Tanpa Varises

Kaki terkena varises? Selain mengurangi keindahan penampilan fisik, varises juga menimbulkan rasa nyeri, pegal, kram dan dapat menimbulkan bengkak pada kaki.

Tentu Anda tak ingin terkena varises. Karenanya, hindari pemakaian sepatu dan sandal bertumit atau berhak tinggi yang banyak dipakai wanita modern saat ini untuk menunjang penampilan. Penggunaan alas kaki ini dapat mempercepat munculnya varises di usia dini karena kaki mendapatkan tambahan beban kerja.

“Maka dari itu jangan menyiksa kaki dengan memakai sepatu hak tinggi terlalu lama,” tandas dr Dipa Dwi Jayanthi, dokter Venosan Clinic, di Jakarta, akhir pekan lalu.

Bukan cuma sepatu hak tinggi, pakaian yang terlalu ketat di sekitar kaki dan pinggul juga akan meningkatkan risiko munculnya varises. “Jadi sebaiknya kenakan pakaian yang nyaman dan longgar setiap hari,” kata dr Dipa.

Agar penyakit varises tidak hadir lebih dini, dr. Dipa menyarankan agar masyarakat menggurangi kebiasaan duduk secara bersila dan duduk dengan lutut ditekuk dalam kurun waktu yang cukup lama karena dapat membuat aliran pembuluh darah vena terhambat.

Jika Anda juga sering merasakan keluhan atau gejala yang mengganggu seperti kram, pegal dan kaki bengkak, maka bisa jadi kemungkinan besar anda terkena Chronic Venous Disease atau varises. Varises adalah pelebaran pembuluh darah balik (vena) di kaki akibat tersumbat atau berkurangnya tonus otot. Maka segeralah ke dokter spesialis bedah vaskuler.

dr. Dipa mengatakan, jika varises ini tidak ditangani secara serius, maka bisa mengalami luka borok yang tak kunjung sembuh. Lebih parah lagi pasien bisa menggalami kematian akibat (pulmonary embolism/PE). “Meski mematikan namun penyakit lanjutan dari varises bisa dicegah,” terang dr Dipa.

Salah satu cara pencegahan penyakit varises ini adalah dengan merawat kaki. Perawatan kaki dapat dilakukan dengan melakukan olahraga ringan seperti berenang, jalan santai, hydrotheraphy (berjalan di air), bersepeda, yoga dan jogging secara teratur minimal 30 menit sehari. Tujuannya, untuk melatih otot kaki, yang rentan muncul varises. Dengan begitu, aliran darah menjadi lebih lancar dan tidak menggumpal.

Agar resiko terkena varises dapat berkurang, dr. Dipa menyarankan masyarakat untuk dapat menggunakan medical stocking khusus varises. Selain dapat mencegah timbulnya varises, juga bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah di kaki dan mengurangi pembengkakan pada kaki. Medical stocking juga dapat mengurangi rasa tidak nyaman pada kaki, seperti kram, pegal dan bengkak.

“Agar pemakaian medical stocking ini efektif disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis bedah vaskuler. Karena merekalah yang menggerti tingkat kompresi dan ukuran yang sesuai dengan kondisi pasien. Medical stocking harus mempunyai graduated compression yang tepat artinya medical stocking harus memiliki tekanan yang bergradasi, semakin ke atas tekanan stoking tersebut berangsur angsur berkurang, sehingga memberi efek memompa darah ke jantung lebih cepat,” paparnya.

Pilihlah medical stocking dengan bahan yang elastis dan nyaman. Saat ini medical stocking tersedia di Venosan Clinic dengan harga mulai dari Rp.500.000. (tety)

2 comments

Leave a Comment