24.2 C
New York
25/07/2024
Aktual

Masyarakat Belum Akrab dengan DPD

JAKARTA(Pos Sore)—Ironis memang jika sampai saat ini Dewan Pewakilan Daerah Republik Indonesia(DPD RI) belum dikenal luas masyarakat kita.. Bayangkan saja, sudah bekerja keras melaksanakan tugasnya tetapi  lembaga ini seperti diakui salah satu anggotanya Ahmad Subadri masih asing ditengah-tengah masyarakat.

 “Harus diakui banyak masyarakat yang belum familiar kepada DPD. Banyak yang belum kenal DPD ini lembaga apa,”kata Ahmad Subadri  dalam Talk Show DPD RI Perspektif Indonesia dengan tema Tren Kampanye Calon Senator di komplek parlemen Senayan, Jumat(28/3). 

Anggota DPD asal Prov Banten ini melanjutkan di masyarakat masih sering dipertanyakan DPD ini  lembaga apa dan kerjanya apa.“Bisa kita mengerti dan pahami karena selama ini kerja DPD tidak terlalu di ekspos,  dari sisi publikasi DPD jauh tertinggal dibanding DPR,”kata Subadri yang  kembali mencalonkan diri sebagai anggota DPD pada pemilu ini. 

Pakar komunikasi Politik yang pernah menjadi anggota DPR RI Anwar  Arifin juga menyatakan DPD tidak familiar di masyarakat. Banyak masyarakat yang tidak tahu siapa anggota-anggota DPD. “Saya saja hanya tahu  AM Fatwa, itu pun karena teman,”katanya.

Karena itu dia setuju  keberadaan lembaga DPD sudah saatnya dievaluasi olh masyarakat, tetapi mereka yang cerdas. Menurut Anwar Arifin tidak terlalu banyak diharapkan kepada DPD, karena kekuatan DPR jauh lebih tinggi. Dia merasakan, kehadiran lembaga DPD hanya memperkuat legitimasi saja terhaap apa yang  sudah diperbuat.“DPD tidak seperti senator di Amerika Serikat,”tandasnya.

Meski demikian, calon anggota DPD RI dari Prov DKI Jakarta Dailami Firdaus menyatakan optimisnya DPD akan lebih kuat dan bermanfaat bagi masyarakat.“DPD harus kita perkuat, karena negara kita ini terdiri dari daerah-daerah,”katanya. (andoes)

 

Leave a Comment