25 C
New York
20/06/2024
Aktual

Mahasiswa Harapkan Biaya Kuliah di UPI tak Terlalu Mahal

BANDUNG  (Pos Sore) – Status baru Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung sebagai PTN berubah sejak Presiden SBY menandatangani Statuta 2 PTN terhitung Jum’at 28 Pebruari 2014 lalu.Berdasarkan ketentuan itu, UPI bersama USU berstatus PTN BH (Badan Hukum) dari semula PTN BHMN (Badan Hukum Milik Negara).

Dengan perubahan status ini, berarti pengelolaan keuangan UPI diluar PNBP – APBN bisa lebih fleksibel, namun tetap tidak boleh menjalankan komersialisasi pendidikan. Dengan Cara itu PTN BH akan lebih berkualitas, dan pembiayaan pendidikan tetap terjangkau oleh masyarakat.

Kepada Pos Sore  di Bandung,kemarin, beberapa mahasiswa UPI menyambut baik perubahan statuta UPI ini. Mereka mengharapkan dalam menetapkan biaya kuliah Rektor UPI tidak terlalu mahal, khususnya biaya kuliah bagi mahasiswa yang diterima dari seleksi Ujian Mandiri. Harapan ini disampaikan, soalnya mahasiswa yang diterima melalui jalur mandiri untuk tahun Akademi 2013/2014  menurut informasi dipungut sampai Rp. 24 juta lebih.

Rektor UPI Prof. DR. Sunaryo Karnadinata ketika dihubungi Pos Sore kemarin tidak berhasil di konfirmasi. Petugas Satpam yang berjaga mempersilahkan Pos Sore untuk menghubungi Humas UPI.

Sebelumnya PTN BHMN yang lebih dahulu berubah menjadi PTN BH adalah UI, UGM, ITB dan IPB.Perubahan UPI dan USU menjadi PTN BH berdasarkan PP No. 15 tahun 2014 tentang Statuta UPI.

Dalam Statuta baru itu UPI ditetapkan menjadi garda terdepan dalam menyelenggarakan pendidikan dengan membina dan mengembangkan disiplin ilmu pendidikan, ilmu agama, ilmu humaniora, ilmu sosial, ilmu alam, ilmu fomal dan ilmu terapan secara proporsional untuk memperkuat disiplin ilmu pendidikan dan pendidikan disiplin ilmu.

PTN BH memiliki beberapa kewenangan, antara lain membuka dan menutup program studi, mengembangkan kerjasama dan usaha, serta diperbolehkan mengelola keuangan di luar yang diperoleh dari PNBP (Pendapatan Negara Bukan Pajak) APBN (Kukuh /Pos Sore Bandung) 

Leave a Comment