11.2 C
New York
14/04/2024
Aktual

Kemendag Bantah Bersekongkol

JAKARTA (Pos Sore) — Menteri Perdagangan membantah terjadi pesengkongkolan berkaitan dengan impor bawang putih yang diduga oleh Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU) terjadi saat pemasukan dokumen SPI maupun perpanjangan SPI.

Dalam Siaran Persnya KPPU menyebutkan Majelis Komisi memberikan rekomendasi dalam dua poin. Yang pertama adalah bahwa setiap instansi Pemerintah dalam hal ini Kementerian Pertanian dan Kementerian Perdagangan harus memperhatikan prinsip-prinsip persaingan usaha yang sehat dalam perumusan kebijakannya. Kedua, penetapan kebijakan impor khususnya yang menggunakan skema kuota harus berkoordinasi dengan instansi terkait.

Menanggapi dua poin tersebut, M Luthfi mengutarakan sanggahannya, seraya menambahkan pihaknya akan menempuh seluruh langkah hukum yang diberikan oleh peraturan dan perundang-undangan. “Kita akan membuktikan bahwa kita tidak mungkin bagian dari pada persengkokolan. Jadi kita menolak, atau denied categorically. Kita tidak bisa disebut bersekongkol,” ujarnya. (hasyim)

Leave a Comment