14.4 C
New York
14/10/2025
AktualEkonomi

Harbolnas 2022 Dapat Tingkatkan Komsumsi Domestik dan Dorong Pertumbuhan Ekonomi Nasional

JAKARTA (Possore.com) – Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengungkapkan  program Harbolanas 2022 alias Hari Belanja Online Nasional di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta Kamis 8 Desember 2022 kemarin untuk mengingkatkan konsumsi lokal dalam negeri.

Dengan peningkatan konsumsi lokal Harbolnas diharapkan dapat  mendorong  perdagangan produk-produk dalam negeri serta  menjaga tingkat konsumsi domestik yang pada gilirannyua dapat  mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Mendag menjelaskan, saat ini pertumbuhan dan persebaran produk lokal sangat signifikan. Mulai dari fesyen, kerajinan tangan, sampai kuliner yang dikelola masyarakat melalui usaha mikro dan kecil (UMK). Kualitasnyapun semakin baik dan layak untuk belanja online.

“Saya berharap, dengan Harbolnas 2022 ini kedepan dapat memperbaiki daya beli konsemen, apalagi dengan adanya pesta diskon diharapkan dapat mendorong masyarakat untuk berbelanja,” kata Mendag Zulkifli Hasan Kamis (8/11).

Zulkifli yang juga Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu menjelaskan, perkembangan industri UMKM Indonesia saat ini tumbuh positif hingga menumbuhkan keyakinan capaian transaksi Harbolnas 2022 yang cukup signifikan.

Mendag Zulkifli Hasan berharap, masyarakat bisa memanfaatkan festival diskon seperti ini dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari

Program Harbolnas sendiri kata Mendag, merupakan kolaborasi antara pemerintah dan pelaku industri digital yang bertujuan menjaga konsumsi domestik yang menjadi pilar utama dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia hingga dapat mendorong peningkatan produk dalam negeri.

Menurut Mendag Zulkifli Hasan, pemerintah dan pelaku usaha perlu saling mendukung dan berbagi tugas dalam menjalankan peran untuk mendorong konsumsi masyarakat.

Pemerintah katanya telah mengambil peran dengan melakukan sosialisasi melalui berbagai media, sedangkan pelaku usaha menjalankan peran menyediakan berbagai bentuk penawaran menarik seperti potongan harga dan bebas ongkir untuk menarik minat belanja masyarakat.

Harbolnas 2022 yang mengusung tema “Produk Lokal Meraja, Indonesia Jaya” akan berlangsung selama tiga hari yakni 10–11 Desember 2022 khusus untuk promo produk lokal.

Sementara pada 12 Desember 2022, promo akan berlaku untuk semua produk. “Untuk bisa melihat beberapa merchant unggulan dalam program ini, konsumen bisa mengunjungi situs web Harbolnas dan memilih brand yang diincarnya.

Mendag Zulkifli Hasan berharap, masyarakat bisa memanfaatkan festival diskon seperti ini dalam pemenuhan kebutuhannya sehari-hari.

Insentif promo potongan harga, baik diskon ataupun cash back, bisa dimanfaatkan tak hanya untuk membeli kebutuhan sehari-hari, tapi juga membantu perekonomian pelaku usaha yang pada akhirnya berdampak pada perbaikan ekonomi nasional.

Pelaksanaan Harbolnas merupakan salah satu upaya untuk menjaga tingkat konsumsi. Selain itu, untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional salah satu upaya yang dilakukan yaitu melalui upaya peningkatan permintaan dan konsumsi masyarakat.

Mendag berharap program Harbolnas tahun ini berjalan dengan lancar dan dapat memberikan manfaat bagi pelaku usaha di bidang niaga elektronik (e-commerce), khususnya pelaku UMK dalam memasarkan produknya lebih efisien dengan jangkauan global.

“Konsumsi rumah tangga sebagai pendorong utama pertumbuhan ekonomi perlu terus dijaga, salah satunya dengan mengedepankan dan memanfaatkan ekonomi digital. Ekonomi digital juga salah satu metode mitigasi menahan dampak negatif pandemi terhadap perekonomian,” katanya.

Peran sektor perdagangan lanjut Mendag Zulkifli Hasan, adalah menjaga agar konsumsi tetap meningkat dan menjaga agar neraca perdagangan tetap surplus. Kebijakan Kemendag adalah melakukan stabilisasi harga, penguatan pasar dalam negeri, dan peningkatan ekspo.

Sejauh ini hasil penyelenggaraan Harbolnas 2018 ─2021 menunjukan angka transaksi yang terus meningkat. Pada 2021, Harbolnas mampu mencatatkan transaksi sebesar Rp18,1 triliun atau meningkat 56 persen  dari tahun sebelumnya.

Konsumsi produk lokal pada gelaran Harbolnas pun menunjukkan angka yang terus meningkat. Harbolnas 2021 mampu mencatatkan konsumsi produk lokal sebesar Rp8,5 triliun atau meningkat hampir 40 persen dari tahun sebelumnya.

Pada kesempatan ini Mendag mengapresiasi idEA dan Pelaku Usaha Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (PMSE) yang terlibat dalam gelaran Harbolnas tahun ini, yang telah memberikan ruang bagi produk dan pelaku usaha dalam negeri pada setiap gelaran Harbolnas.

Seperti diketahui, asosiasi idEA sebagai penyelenggara Harbolnas memperkirakan adanya kenaikan transaksi dibanding tahun lalu. Prospek ekonomi Indonesia ke depannya juga diperkirakan tetap  menjanjikan. Hal ini tercermin misalnya dari indeks keyakinan konsumen (IKK) yang terus berada di level optimis. (aryo)

Leave a Comment