25 C
New York
20/06/2024
Aktual

Genangan Ganggu Angkutan Jakarta

JAKARTA, (Possore) — Hujan lebat yang mengguyur wilayah Jakarta, Bogor, Depok,Tangerang dan Bekasi (Jadodetabek) sepanjang Senin (3/2) malam hingga Selasa siang masih membuat genangan air di wilayah Jakarta. Banyaknya genangan air mengganggu perjalanan angkutan kota seperti bus Trans Jakarta.

Empat koridor yang terdampak itu adalah koridor 3 (Kalideres-Harmoni) yang hari ini beroperasi via tol Tomang dengan rute Kalideres-Rawa Buaya-Tol Tomang-Petojo-Harmoni.

Itu dibenarkan Unit Pengelola (UP) Transjakarta. “Hujan deras menimbulkan adanya genangan air di jalur-jalur bus Transjakarta. Akibatnya, sebanyak empat koridor busway mengalami gangguan perjalanan,” kata Kepala Humas UP Transjakarta, Sri Ulina Pinem, Selasa (4/2) siang.

Empat koridor yang terdampak itu adalah koridor 3 (Kalideres-Harmoni) yang hari ini beroperasi via tol Tomang dengan rute Kalideres-Rawa Buaya-Tol Tomang-Petojo-Harmoni.

Kemudian, untuk Koridor 5 (Ancol-Kampung Melayu), pelayanannya hanya sampai Halte Senen. “Dari laporan yang kami terima, terdapat genangan air di Jembatan Merah dan Mangga Dua. Akibatnya, bus Transjakarta koridor 5 tidak bisa beroperasi secara maksimal,” kata dia.

Perjalanan bus koridor 8 (Harmoni-Lebak Bulus) dialihkan melalui Tol Kebon Jeruk hingga Tomang akibat banjir yang menggenangi kawasan Green Garden. Perjalanan bus di koridor tersebut juga tidak melewati halte Grogol, Kedoya Green Garden, Kedoya Assidiqiyah dan Duri Kepa. Koridor 9 (Pinangranti-Pluit) yang hanya beroperasi mulai dari halte Pinangranti hingga halte Rumah Sakit Harapan Kita karena adanya genangan air di Central Park arah Grogol.

“Selain genangan air, halte-halte di beberapa koridor Transjakarta juga ditutup karena adanya pengerjaan jalan yang dilakukan Dinas Pekerjaan Umum (PU) DKI Jakarta,” jelas dia.

Penutupan itu dilakukan di Koridor 1 (Blok M-Kota) pada halte Karet, Setiabudi, Bundaran Hotel Indonesia (HI) dan Bank Indonesia. Lalu, Koridor 2 (Harmoni-Pulogadung) pada halte Balaikota dan Gambir 2 serta Koridor 4 (Pulogadung-Dukuh atas) pada halte Manggarai dan Dukuh Atas.
“Sementara itu, tidak ada gangguan untuk koridor dan halte-halte bus Transjakarta lainnya dan masih beroperasi dengan normal,” demikian Sri. (akhir)

Leave a Comment